PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI KEGIATAN PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC SISWA SMP NEGERI 1 WINONG

Main Article Content

Septian Noland Salcha

Abstract

Pendidikan hendaknya tertuju pada pengembangan kreativitas siswa agar kelak dapat memenuhi kebutuhan pribadi serta kebutuhan masyarakat dan negara. Selain kreativitas potensi peserta didik yang harus dikembangkan yaitu hasil belajar. Berdasarkan survei pendahuluan yang dilakukan penulis melalui wawancara dengan guru mata pelajaran IPS kelas VII, diperoleh informasi bahwa metode pembelajaran yang sering digunakan hanya ceramah dan diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Variabel yang diteliti yaitu aktivitas guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran scientific, kreativitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Metode analisis data yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) aktivitas guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran scientific pada siklus I sebesar 65% dengan kriteria cukup baik, meningkat menjadi 75% dengan kriteria sangat baik pada siklus II meningkat lagi menjadi 90% dengan kriteria sangat baik pada siklus III; (2) kreativitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59% dengan kriteria cukup meningkat menjadi 75% dengan kriteria tinggi pada siklus II meningkat lagi menjadi 81% dengan kriteria tinggi pada siklus III; (3) Ketuntasan hasil belajar tes objektif pada siklus I sebesar 69% meningkat menjadi 84% pada siklus II meningkat lagi menjadi 94% pada siklus III dan prosentase skor rata-rata produk kreatif pada siklus I sebesar 67% dengan kriteria cukup meningkat menjadi 75% dengan kriteria tinggi pada siklus II meningkat lagi menjadi 83% dengan kriteria tinggi pada siklus III.

Education should be focused on the development of students' creativity in order later to meet individual needs and the needs of society and the state. In addition to the potential creativity of learners to be developed is the result of learning. Based on a preliminary survey conducted by the author through interviews with teachers' social studies class VII, obtained information that the learning methods that are often used only lectures and discussions. The background of this research is the result of creativity and learning materials production class VII D low. This research is a class act. The variables studied were the activities of teachers in implementing scientific approach to learning, creativity of student learning, and student learning outcomes. Data collection methods used are documentation, observation, and testing. Data analysis methods, namely quantitative and qualitative analysis.The results of the study are as follows : ( 1 ) the activities of teachers in implementing scientific approach to learning in the first cycle by 65 % criteria quite well, increasing to 75 % the criteria very well in the second cycle increased to 90 % criteria very well in the third cycle; ( 2 ) the creativity of student learning in the first cycle by 59 % criterion sufficiently increased to 75 % higher in the second cycle criterion increased again to 81 % higher in cycle III criteria; ( 3 ) mastery learning objective test results in the first cycle of 69% increased to 84 % in the second cycle increased again to 94 % in the third cycle and the percentage of the average score of the creative product in the first cycle by 67 % criterion sufficiently increased to 75 % criterion higher in the second cycle increased to 83 % higher in cycle III criteria.

Article Details

How to Cite
Salcha, S. (1). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI KEGIATAN PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC SISWA SMP NEGERI 1 WINONG. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4230
Section
Articles

References

Akbar, Reni., R. Sihadi Darmo Wihardo, dan Mardi Wiyono. 2001. Kreativitas. Jakarta: Grasindo

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

-----. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Atsnan, M.F. dan Rahmita Yuliana Gazali. 2013. “Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan Pecahan”. Jurnal. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/10777/1/p%2054.pdf. (24 Februari 2014)

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fauziah, Resti., Ade Gafar Abdullah, dan Dadang Lukman Hakim. 2013. “Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal Vol IX No 2. Bandung: FPTK UPI. http://jurnal.epi.edu/file/06._Resti_Fauziah_165-178.pdf. (24 Februari 2014)

Jamilatifah, Nunung. 2011. “Pengaruh Fasilitas, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Guru dalam Proses Belajar Mengajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Komara, Endang. 2013. Pendekatan Scientific dalam Kurikulum 2013. http://endangkomarasblog.blogspot.com/2013/10/pendekatan-scientific-dalam-kurikulum-html. (27 Januari 2014)

Munandar, S.C. Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press

Sudrajat, Akhmad. 2013. Arti Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Kurikulum2013. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/07/18/pendekatan-saintifikilmiah-dalam-proses-pembelajaran. (25 Januari 2014)

Sumaiyah, Ani. 2012. “Peningkatan Hasil Belajar Pelaku-pelaku Kegiatan Perekonomian di Indonesia dengan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI Bergas”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. www.dikti.go.id/files/atur/uu20-2003Sisdiknas.pdf. (22 Januari 2014)

Widiarti, Ninik. 2011. “Pengaruh Kreativitas Belajar dan Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011”. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Surakarta