PENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI, PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Article Content

Noviana Noviana

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan untuk siap kerja sesuai dengan bidang keahliannya. Kondisi di SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2012/2013 terdapat 66,67% atau 34 siswa yang bekerja diluar bidang akuntansi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif akuntansi, program praktik kerja industri, dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2013/2014 baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah uji pengaruh dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII program keahlian akuntansi sejumlah 105 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket/kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji simultan (F), dan uji parameter individual (t). Hasil penelitian ini adalah secara parsial ada pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif akuntansi sebesar 25,70%, program praktik kerja industri sebesar 23,20%, dan self efficacy sebesar 32,90% terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII. Sedangkan secara simultan ada pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif akuntansi, program praktik kerja industri, dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2013/2014 sebesar 43,10%.

Vocational High School is an educational institution that produces graduates ready to work according to their expertise. Conditions at SMK Negeri 1 Kendal Academic Year 2012/2013 there are 66.67 % or 34 students working beyond the field of accounting The purpose of this study was to determine the effect of the learning outcomes of productive subjects accounting, on the job training program, and self-efficacy on job readiness class XII students accounting skills program at SMK Negeri 1 Kendal Academic Year 2013/2014 either partial or simultan. The study type is causalitas test use quantitative approach. The study population was all students of class XII accounting skills program a number of 105 students. In this study, the data collection method used is the method of documentation and questionnaire method / questionnaire. The methods of data analysis using descriptive analysis, multiple regression analysis, testing the coefficient of determination (R2), simultan test (F), and test individual parameter (t). The results of this study in partial test are influence learning outcomes productive subjects accounting for 25,70 %, on the job trainning program for 23,20 %, and 32,90 % of self-efficacy on job readiness class XII students. While in simultan are influence learning outcomes productive subjects accounting, on the job trainning program, and self-efficacy toward job readiness class XII students accounting skills program at SMK Negeri 1 Kendal school year 2013/2014 as 43,10%.

Article Details

How to Cite
Noviana, N. (1). PENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI, PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4233
Section
Articles

References

Appelbaum, Steven H. 1996. Self Efficacy as a Mediator of Goal Setting and Performance. Journal of Managerial Psycology. Journal. Canada: MCB University Press 33-47.

Bandura, Alber. 1997. Self Efficacy The Exercise Control. United State of America: W.H. Freeman and Company.

Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. 2012. Banyaknya Pengangguran Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan. Diunggah tanggal 07 Mei 2014.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dikmenjur. 2006. Kurikulum SMK. Jakarta: Depdikbud.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: UNDIP

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kardiyem. 2010. Pengaruh Program Praktik Kerja Industri (Prakerin), Prestasi Akademik Mata Diklat Produktif Akuntansi, dan Minat Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa (Studi pada Siswa Akuntansi Kelas XII SMK Negeri 1 Purwodadi Tahun 2009/2010). Skripsi. Unnes: tidak diterbitkan.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 323/U/1997. Penyelenggaraan Sistem Ganda Pada Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Ketut, Dewa. 1993. Bimbingan Karir di Sekolah – sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia

PP No. 17 Tahun 2010. Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Rifa’i, Achmad. Catharina Tri Ani. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarawe, Aminuddin Alidin. Mohamed Najib Abdul Ghafar. 2013. Relationship of Job Involvements on Vocational School Student’s Job Satisfactions in Industrial Training. Academic Journal. Malaysia: Universiti Teknologi Malaysia Vol. 5.

Utami, Yudi Ganing Dwi. 2013. Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal. UMM: tidak diterbitkan.

Yanto, Agus Afri. 2006. Ketidakpastian dan Memandu Karir. Jakarta: Rajawali Pers.

Zulkosky, Kristen. 2009. Self Efficacy: A Concept Analysis. Journal Compilation. Wiley Periodicals Inc.