Pengaruh Nilai Hedonik, Kualitas Pelayanan, Nilai Utilitarian terhadap Impulsive Buying melalui Brand Trust
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung nilai hedonik, kualitas pelayanan, nilai utilitarian, dan brand trust terhadap impulsive buying maupun pengaruh tidak langsung nilai hedonik, kualitas pelayanan, dan nilai utilitarian terhadap impulsive buying melalui brand trust sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2015, 2016, 2017, dan 2018 sejumlah 3.596 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 362 mahasiswa menggunakan perhitungan rumus Slovin yang diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sedangkan, analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai hedonik, kualitas pelayanan, dan nilai utilitarian berpengaruh positif terhadap brand trust. Nilai hedonik, kualitas pelayanan, dan brand trust berpengaruh positif terhadap impulsive buying. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa nilai utilitarian berpengaruh negatif terhadap impulsive buying. Brand trust tidak berhasil memediasi pengaruh nilai hedonik, kualitas pelayanan, dan nilai utilitarian terhadap impulsive buying.