Pengembangan Booklet dengan Pendampingan Video Tutorial sebagai Media Pembelajaran Statistik Penelitian
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuaN (1) untuk mengembangkan booklet Statistik Penelitian di Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang yang teruji validitasnya. (2) untuk mengembangkan booklet Statistik Penelitian di Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang yang teruji praktikalitasnya. (3) untuk mengembangkan booklet Statistik Penelitian di Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan Booklet dengan pendampingan video tutorial sebagai media pembelajaran statistik penelitian yang dikembangkan pada capaian pembelajaran mendeskripsikan konsep dasar statistik penelitian, pengujian hipotesisi deskriptif, komparatif, dan asosiatif untuk pembelajaran sudah memenuhi kriteria sangat valid menurut validator, berdasarkan materi, media, dan bahasa. Terlihat dari hasil uji coba one to one dan small group telah dinyatakan praktis sebagai media pembelajaran. Dan ditinjau dari hasil field test menunjukkan booklet dengan pendampingan video tutorial sebagai media pembelajaran statistik penelitian yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar mahasiswa dan peningkatan keaktivan belajar mahasiswa.