Pengaruh Pelayanan, Manajerial Pengurus Melalui Citra Koperasi Terhadap Partisipasi Anggota KUD
Main Article Content
Abstract
KUD Karya Mina Tegal adalah satu-satu nya KUD nelayan yang masih aktif di Kota Tegal. Salah satu penentu kemajuan suatu koperasi adalah partisipasi anggota yang aktif terhadap koperasi. Namun, berdasarkan hasil observasi partisipasi anggota pada KUD Karya Mina termasuk dalam kategori rendah dan faktor yang paling mempengaruhi partisipasi anggota disini adalah kualitas pelayanan dan kemampuan manajerial pengurusnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kemampuan manajerial pengurus, dan citra koperasi terhadap partisipasi anggota baik secara simultan maupun parsial,serta uji path analysis untuk variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KUD Karya Mina Tegal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 120 orang dengan teknik pengambilan sampelnya adalah proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif analisis berganda dan path analysis dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota, terdapat pengaruh kemampuan manajerial pengurus terhadap partisipasi anggota, terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap citra koperasi, terdapat pengaruh kemampuan manajerial pengurus terhadap citra koperasi, terdapat pengaruh kualitas pelayanan melalui citra koperasi terhadap partisipasi anggota, terdapat pengaruh kemampuan manajerial pengurus melalui citra koperasi terhadap partisipasi anggota.