Minat Investasi Diprediksi Dari Motivasi Diri, Pengetahuan Investasi, dan Teknologi Media Sosial
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh motivasi diri, pengetahuan investasi, dan teknologi media sosial terhadap minat investasi pasar modal pada mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian berjumlah 865 mahasiswa dan sampel penelitian dihitung dengan rumus slovin dengan hasil akhir berjumlah 132 mahasiswa yang dapat mewakili seluruh jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan langsung kepada mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Random Sampling dan Quota Sampling. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa sebesar 9,36%, pengetahuan investasi tidak berpengaruh pada minat investasi mahasiswa, dan teknologi media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa sebesar 11,97%. Secara bersama-sama motivasi diri, pengetahuan investasi, dan teknologi media sosial mempengaruhi minat investasi mahasiswa sebesar 37,50% sedangkan 62,50% lainnya dipengaruh oleh faktor-faktor lain.