PERENCANAAN PENYALURAN TENAGA KERJA OLEH BURSA KERJA KHUSUS (BKK) SMK MIGAS CEPU

Main Article Content

Aldila Prajamudi Karaning Utami

Abstract

Metode penelitiaan yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada pertanyaan pertama yaitu proses identifikasi lowongan pekerjaan, dalam proses identifikasi tersebut terdapat beberapa perusahaan mitra BKK meliputi bidang teknik dan industri, jasa dan niaga. Kemudian fasilitas-fasilitas pelayanan yang disediakan BKK terdiri dari: (1) Pusat Informasi Lowongan Pekerjan, (2) Blog/Web Khusus Alumni SMK MIGAS, (3) Brosur Lowongan Pekerjaan, (4) Bimbingan Karir dan Analisis Jabatan. Sedangkan teknik atau/metode yang digunakan dalam pemasaran lulusan meliputi beberapa segi, diantaranya yaitu: (1) Segi pengelolaan BKK, (2) Segi pengelolaan calon alumni, (3) Segi pengelolaan DU/DI, (4) Segi pengelolaan kemitraan. Terakhir adalah prosedur/tahapan dalam penyaluran dan penempatan tenaga kerja, dilihat dari prosesnya BKK terdiri dari 3 kegiatan inti yaitu (1) pemetaan (alumni/lulusan dan DU/DI), (2) penyaluran alumni/lulusan, dan (3) jalinan kerjasama dengan pihak DU/DI. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada bebrapa kegiatan BKK yang berkaitan dengan penyaluran tenaga kerja. Beberapa hal meliputi Proses identifikasi lowongan pekerjaan, Fasilitas-fasilitas pelayanan dalam rangka memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan/dunia kerja, Teknik/metode BKK untuk memasarkan lulusannya, Prosedur/tahapan dalam penyaluran dan penempatan tenaga kerja merupakan hal-hal yang sangat mempengaruhi proses perencanaan penyaluran tenaga kerja.

The results of research on the first question, namely the identification of a job, in the identification process, there are several companies BKK partners include engineering and industry, services and commerce. Then the service facilities provided by BKK consists of: (1) The job Job Information Center, (2) Blog / Alumni Special Web CMS Oil and Gas, (3) Brochure Jobs, (4) Career Guidance and Job Analysis. While the technique or / methods used in marketing graduates include several aspects, among which are: (1) the management aspect BKK, (2) the management aspect of prospective graduates, (3) the management aspect DU / DI, (4) facet of the management of the partnership. Last is the procedure / stages in the distribution and placement of workers, seen from BKK process consists of three core activities: (1) mapping (the alumni / graduates and DU / DI), (2) the distribution of the alumni / graduates, and (3) a system of alliances with the DU / DI. Based on the above results, it can be concluded that there is a miraculous BKK activities related to the distribution of labor. Some of the jobs include identification process, service facilities in order to provide information on jobs / employment, Engineering / BKK method for marketing graduates, procedures / stages in the distribution and employment are the things that influence the process of planning for the distribution labor.

 

Article Details

How to Cite
Karaning Utami, A. (1). PERENCANAAN PENYALURAN TENAGA KERJA OLEH BURSA KERJA KHUSUS (BKK) SMK MIGAS CEPU. Economic Education Analysis Journal, 3(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4413
Section
Articles

References

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalunggu, Fatimah. 2013. “Pengaruh Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas X (AP). Skripsi. Universitas Gorontalo.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Ghofur, Abdul. 2013. “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Melalui Student Engagement ada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 13 Semarang”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Khafid, Muhammad. 2008. “Faktor-faktor yang mempengaruhi Ketuntasan Belajar Akuntansi : Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening”. Lembaran Ilmu Kependidikan. Jilid 1. Nomor 1 Juni.

Khafid, Muhammad dan M. Suroso. 2007. “Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol 2 No. 2, hal. 185-204. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Pardede, Yeni Diana. 2012. “Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Methodist Tanjung
Morawa Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

RC, Ahmad Rifa’i dan Chatarina Tri Anni. 2009. ”Psikologi Pendidikan”. Semarang: UPT UNNES Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia

Tirtiana, Chandra Putri. 2013. “Pengaruh Kreativitas belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening)”. Economic Education Analysis Journal. Volume 2. Nomor 2.

Usman, Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.