PENGARUH KUALITAS POLA ASUH ORANG TUA, CARA BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DAN XII KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK GATRA PRAJA KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Article Content
Abstract
Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu kualitas pola asuh orang tua, cara belajar, dan motivasi belajar. Prestasi belajar akuntansi di SMK Gatra Praja Kota Pekalongan masih rendah. Masih ada 57 % siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≥70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pola asuh orang tua, cara belajar, dan motivasi belajar akuntansi di SMK Gatra Praja Kota Pekalongan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase, regresi berganda, uji F, uji t, koefisien determinasi simultan(R2) dan koefisien determinasi parsial (r2). Hasil penelitian ini adalah secara parsial ada pengaruh kualitas pola asuh orang tua sebesar 16,2 %, cara belajar sebesar 6,4%, dan motivasi belajar sebesar 6,2% terhadap prestasi belajar akuntansi. Sedangkan secara simultan ada pengaruh kualitas pola asuh orang tua, cara belajar, dan motivasi belajar akuntansi di SMK Gatra Praja Kota Pekalongan tahun ajaran 2013/2014 sebesar 51,1%.
Learning achievement is influenced by several factors, among which are quality of parents parenting, learning style, and learning motivation. Learning achievement of Accounting subjects in SMK Gatra Praja Pekalongan City is still low. There are still 57% students have not reached the KKM which has been established by the school is ≥70. The purpose of this study is to investigate the influence of quality of parents parenting, learning style, and learning motivation toward the learning achievement of Accounting subjects either partially or simultaneously. This research is quantitative research. Methods of data collection which are used are documentation and questionnaire method. Methods of data analysis using descriptive percentages, multiple regression, F test, t tes , and simultaneous determination coefficient (R2) and partial determination coefficient (r2). The results of this study are partially there is an influence of quality of parents parenting is 16,2%, learning style is 6,4%, and learning motivation is 6,2% toward students’ learning achievement of Accounting subjects. Whereas, simultaneously there is an influence of quality of parents parenting, learning style, and learning motivation toward the learning achievement of Accounting subjects student of XI and XII Accounting Skills Competency SMK Gatra Praja Pekalongan City academic year 2013/2014 is 51,5%.
Article Details
References
http://www.google.com/url?q=http://cie.asu.edu/ojs/index.php/cieatasu/article/viewFile/1121/498&sa=U&ei=0a36Uob9HcbpiAeV-4GwCA&ved=0CBsQFjAA&usg=AFQjCNEqNoA7RG94OAWnWfP-SFrh13eiAQ. (22 Januari 2014)
Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1.
http://jurnal.upi.edu/pko/view/1372/pengaruh-motivasi-belajar-siswa-terhadap-pestasi-belajar-ipa-di-sekolah-dasar(studi-kasus-terhadap-siswa--kelas-iv-sdn-tarumanagara-kecamatan-tawang-kota-tasikmalaya).html. (22 Januari 2014)
Rifa’i, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sochib, Moh. 2000. Pola asuh orang tua. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiharto. 2007. Pengaruh Sifat Pola Asuh Orang Tua dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thurner dkk. 2009. The Influence of Parenting Styles, Achievement Motivation, and Self-Efficacy on Academic Performance in College Students. Journal of College Student Development. Volume 50 No. 3, 337-346.
http://www.google.com/url?q=http://www.selfdeterminationtheory.org/SDT/documents/2009_TurnerChandleretal_JCSD.pdf&sa=U&ei=fq_6Urn5MYqKiQfu6YHYDQ&ved=0CBsQFjAA&usg=AFQjCNHBZnPUh7LtRdNn-BwGcwdN_rnpNg. (22 januari 2014)