PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PERUBAHAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP VALUTA ASING SERTA HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA SMA AL-IRSYAD TEGAL (Studi pada Kelas XI IPS 3 Tahun Ajaran 2013/2014)

Main Article Content

Annisa Rahma Yulyana

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa, selain itu karena metode pembelajaran yang digunakan tidak tepat yaitu menggunakan ceramah tanpa variasi sedangkan karakter materinya adalah analistik dan aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model problem based learning dan apakah model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Al-irsyad Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini diperoleh presentase aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi dengan kategori sangat baik, presentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik, rata – rata kelas yang dicapai dalam kategori baik dan pada siklus II rata – rata kelas menjadi kategori sangat baik.

The background of this research is the lack of students skills in problem solving, moreover because the learning method that is used is not appropriate to use the oral speech without variation while the character is annalistic and aplicatif. This research aims to how the use model problem based learning and whether model problem based learning can improving students skills in problem solving. The subject of this research is the class XI Social 3 SMA Al-irshad Tegal. This study is an action research conducted in two cycles. The research finding showed that the percentage of activity of students in learning cycle I with good category and on cycle II increased with very good category, the percentage of the activity of the teacher in the learning cycle I that good category and on cycle II increased with very good category, the average grade achieved in cycle I with good category and on cycle II the average grade increased with very good category.


Article Details

How to Cite
Yulyana, A. (1). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PERUBAHAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP VALUTA ASING SERTA HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA SMA AL-IRSYAD TEGAL (Studi pada Kelas XI IPS 3 Tahun Ajaran 2013/2014). Economic Education Analysis Journal, 3(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4421
Section
Articles

References

Ana Ari Wahyu S & Abdul Haris R. 2013. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Jurnal Matematika Unesa: 1-9.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nur, Iftitah. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 5 Magelang (Skripsi). Surakarta: Universitas Negeri Surakarta

Rusman. 2013. Model – model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali pers

Sari, Dian. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Tipe Problem Based Learning Kelas X SMA Negeri 35 Jakarta (Skripsi). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Sitiatava R. P. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta : Diva Press

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.