Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, dan Kesejahteraan terhadap Kesiapan Menjadi Guru
Main Article Content
Abstract
Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai salah satu LPTK yang ada di Indonesia, mempunyai tugas untuk mempersiapkan calon-calon guru yang professional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL), lingkungan keluarga, dan kesejahteraan guru terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 Universitas Negeri Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 175 responden yang dihitung dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah population random sampling. Pendekatan penetlitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner untuk mengumpulkan data. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan praktik pengalaman lapangan (PPL), lingkungan keluarga, dan kesejahteraan guru terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Secara parsial praktik pengalaman lapangan (PPL) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Lingkungan keluarga terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Kesejahteraan guru terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Saran yang diberikan untuk pihak universitas untuk memberikan kegiatan-kegiatan tambahan praktik mengajar di sekolah selain PPL. Karena waktu pelaksanaan PPL 45 hari masih kurang untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa menjadi guru setelah lulus nanti