MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBUAT DAN MEMBACA KURVE KESEIMBANGAN SERTA HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS

Main Article Content

Desi Riana Prihandika

Abstract

Dari observasi awal yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus, Pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi kurve keseimbangan kurang variatif yaitu hanya ceramah tanpa variasi. Sedangkan materi yang diajarkan adalah aplikatif yaitu menuntut adanya keterampilan dari siswa.Untuk meningkatkan keterampilan siswa membuatdanmembacakurvekeseimbangan maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan Metode Discovery. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Prosedur penelitian ini merupakan proses pembelajaran yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan test keterampilan. Hasil penelitian ini diperoleh presentase keterampilan siswa pada pembelajaran siklus I dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi dengan kategori amat baik, persentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I dengan kategori amat baik dan pada siklus II meningkat menjadi dengan kategori amat baik, Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa, adanya peningkatan keterampilan siswa membuatdanmembacakurvekeseimbangankelas VIII C.

 

From the first observation done in Muhammadiyah 1 Junior High School Kudus, gained information based on the interview result with the teacher of Social Studies grade VIII. Indeed, learning method that usually used are still conventional on Social Studies especially in equilibrium curve lesson is less variativethat is only speech without variants. Whereas the lessons taught are applicative that is demand skill existence for the students. The lesson that felt hard to understand to students are generally the lesson on making equilibrium curve and on reading curve mostly students still don’t understand the meaning of that curve. This is strengthened by average value on equilibrium cost lesson especially equilibrium curve on the VIII grade classified to quite low if compared with other basic competency. From all of grade VIII the lowest value is on grade VIII C. To improve student’s skill on making and reading equilibrium curve then done behavior class observational by Discovery Method. The subjects of this observation are the VIII C students of Muhammadiyah 1 Junior High School Kudus. This observational procedure is the learning process that consists of 2 cycles, where every cycle includes planning, behavior implementation, observation and reflection.. Based on the observation result above can be conclude that, student skill improvement on making and reading equilibrium curve grade VIII C Muhammadiyah 1 Junior High School by using Discovery Method. For suggestion, the teachers should use Discovery method toward Equilibrium Cost Curve lesson. Because the method mentioned have been proofed could improve students skill on making and reading equilibrium curve.

Article Details

How to Cite
Prihandika, D. (2014). MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBUAT DAN MEMBACA KURVE KESEIMBANGAN SERTA HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS. Economic Education Analysis Journal, 3(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4506
Section
Articles

References

Anni, Catharina Tri, dkk . 2011 . Psikologi Belajar . Semarang :Unnes Press.

Arikunto, Suarsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Arsyad, Ashar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Dimyanti dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Djamara. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Ferani Mulianingsih. 2011. Efektivias pembelajaran geografi dengan metode discovery di SMA NEGERI 16 Semarang dalam jurnal pendidikan unnes

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Illahi Takdir, moammad. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy Skill. Jakarta : Diva Press

Nana Sudjana. 2005. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakaryaw

Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – Faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung:Tarsito Bandung.

Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Yogyakarta: Insan Madani