PENGARUH KEMAMPUAN KERJA PEGAWAI, ETOS KERJA DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN SALE KABUPATEN REMBANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan kerja pegawai, etos kerja dan semangat terhadap kualitas pelayanan di kantor kecamatan Sale kabupaten Rembang secara simultan maupun parsial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat kecamatan Sale kabupaten Rembang yang menerima pelayanan pada tahun 2013 sebanyak 5041 orang. Sampel dari penelitian ini sebanyak 100 orang, menggunakan teknik sampel nonprobability sampling yaitu sampling incidental yang berarti teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, kuesioner dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi menunjukkan persamaan garis regresi linier bergandaY= 0,907+0,460X1+0,345X2+0,286X3. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya pengaruh secara parsial pengaruh kemampuan kerja terhadap kualitas pelayanan sebesar 2,810, pengaruh etos kerja terhadap kualitas pelayanan sebesar 4,599, dan pengaruh semangat kerja terhadap kualitas pelayanan sebesar 2,466. Pengaruh secara simultan kemampuan kerja, etos kerja dan semangat kerja terhadap kualitas pelayanan sebesar 67,842.
Â
The purpose of this study was to knowing  how to influence job skill employee, work ethics and entusiasm the service quality in the Sale subdistrict office, Rembangby partially or simultaneously. The population of this study were all people in Sale subdistrict office, Rembang serviced of 5041 people in 2013. The samples of this study were 100 people, used a nonprobability sampling technique which was an incidental sampling. The incidental sampling was used to collect the sample accidentally if the people were qualified as the data sources. The data were collectedby documentation, questionnaire, and observation. Then, the datawere analyzedby descriptive analysis and linear analysis. The results of the regression analysis showed that multiple linear regression equation was Y= 0.907 + 0.460X1 +0.345X2+ 0.286X3. The calculation showed that partial the influence of job skills toward the service quality was 2.810, the influence of work ethics toward the service quality was 4.599, and the influence of enthusiasm toward the service quality was 2.466. Simultaneously, the influence of job skills, work ethics and enthusiasm toward service quality was 67.872.
Article Details
References
Istianto, Bambang. 2011. Manajemen Pemerintahan dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media
Purwanto, Ngalim. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2009. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Sinamo, Jansen. 2011. 8 Etos Kerja Profesion