Anteseden Financial Management Behavior: Financial Literacy Sebagai Intervening
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh locus of control, financial socialization, dan parental norms terhadap financial management behavior baik secara langsung maupun melalui financial literacy sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2016 berjumlah 6.505 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 377 mahasiswa. Teknik sampel menggunakan incidental sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada pengaruh positif locus of control, financial socialization, parental norms, dan financial literacy terhadap financial management behavior (2) ada pengaruh positif locus of control dan financial socialization terhadap financial literacy (3) tidak ada pengaruh positif parental norms terhadap financial literacy (4) ada pengaruh positif locus of control dan financial socialization terhadap financial management behavior melalui financial literacy (5) tidak ada pengaruh positif parental norms terhadap financial management behavior melalui financial literacy. Saran yang diberikan adalah Mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2016 untuk menerapkan kebiasaan berperilaku yang baik dalam mengelola keuangan sehari-hari seperti mencatat pengeluaran dan pemasukan serta menyisihkan sebagian uangnya untuk menabung.