PENGARUH KINERJA GURU, DAN PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 02 PEKALONGAN

Main Article Content

Arif Dirgayana
Harnanik Harnanik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kinerja guru, dan penggunaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 02 Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 02 Pekalongan yang berjumlah 354 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu kinerja guru (XI), penggunaan fasilitas belajar (X2), dan hasil belajar (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data: dokumentasi dan angket. Metode analisis yaitu analisi deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh persaman regresi Y = 14,003 + 0,049X1 + 0,055X2. Secara parsial ada pengaruh positif kinerja guru terhadap hasil belajar sebesar 9,4%, dan penggunaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 7,4%. Secara simultan ada pengaruh positif kinerja guru, dan penggunaan fasilitas terhadap hasil belajar sebesar 40,1% dan sisanya sebesar 59,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Perhitungan secara deskriptif menunjukkan variabel kinerja guru, dan penggunaan fasilitas belajar dalam kriteria baik, sedangkan variabel hasil dalam kriteria sangat baik.

This study aims to determine The Influence of Teacher’s Performance, and Learning Facility Towards Learning Result for The Craft and Entrepreneurship Subject X Grade of SMK 02 Pekalongan. The population in this study were all students of X grade of SMK 02 Pekalongan amounting to 354 students and the sample in this study amounted to 78 students. The sampling technique using simple random sampling. The variable in this study is the independent variable is the teacher’s performance (XI), the use of learning facilities (X2), and the achievment (Y) as the dependent variable. Method of data collection: documentation and questionnaires. Methods of analysis, descriptive analysis of the percentage and multiple linear regression analysis. The results obtained by the regression equation Y = 14,003 + 0,049X1 + 0,055X2. Partially teacher’s performance impacts on learning result of the craft and entrepreneurship’s students as many as (9.4 %). While the use of learning facility are partially influenced as many as (7.4 %). Simultaneously there is a positive influence teacher’s performance, and use of learning facility impact on Achievment of 40.1% and the remaining 59.9% is influenced by other factors not examined. Descriptive calculations showed variable teacher’s performance, and use of learning facility in both criteria, while the criterion variable in achievment in excelent criteria.

Article Details

How to Cite
Dirgayana, A., & Harnanik, H. (2015). PENGARUH KINERJA GURU, DAN PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 02 PEKALONGAN. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4668
Section
Articles

References

Astuti, Yunita Budi. 2014. Hubungan Antara Pemanfaatan Fasilitas Belar Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal skripsi. (online). jurnal.fkip.uns.ac.id (12 Maret 2014)

Gie, The Liang. 1985. Cara Belajar Yang Efisien.Yogyakarta : Pusat Kemajuan Studi.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Rineka Cipta

Ega, Paulina. 2013. Pengaruh Kinerja Mengajar Guru dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Mutu Layanan Akademik Pada Sekolah Menengah Pertama Se-Bandung Utara. Skripsi. Bandung: FPEB UPI
(online). Repository.upi.edu (12 Maret 2014)

Fitri, Lailatul. 2013. Hubungan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Membuat Busana Wanita Kelas XI Jurusan Tata Busana di SMK Negeri 03 Sungai Penuh. Skripsi. Padang: FKIP UNP (Online) digilib.unp.ac.id (03 Maret 2014)

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 19 (edisi kelima). Semarang : BP Universitas Diponegoro

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2010a. Cara Belajar Siswa yang Aktif: dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

----- 2010b. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sujanto, Agus. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Aksara Baru.

Nurdiansyah, Gema Prima. 2013. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Prestasi Beljar Siswa Kelas X Pada Mata pelajaran Produktif Akuntansi di SMK Negeri 2 Purwakarta. Skripsi. Bandung: FPEB UPI (Online) repository.upi.edu (10 maret 2014)