PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR, DAN KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI SEKECAMATAN NGALIYAN, SEMARANG

Main Article Content

I’ana Umma
Margunani Margunani

Abstract

Dokumentasi yang diperoleh menunjukkan bahwa lulusan SMA N 7 yang masuk perguruan tinggi pendidikan ekonomi pada tahun 2012 hanya 1,48%, sedangkan tahun berikutnya hanya 1,64%. Ini menunjukkan bahwa minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi jurusan pendidikan ekonomi masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar, prestasi belajar, dan kondisi ekonomi keluarga terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi kelas XI IPS di SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan, Semarang baik secara simultan maupun parsial. Populasi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan, Semarang berjumlah 306 siswa, dengan rumus Slovin didapat sampel 174 siswa dan menggunakan Proportional Random Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan regeresi linear berganda. Hasil penelitian ada pengaruh motivasi belajar (46,38%), kondisi ekonomi keluarga (3,42%), dan tidak ada pengaruh prestasi belajar terhadap minat siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi kelas XI IPS di SMA Negeri se-Kecamatan Ngaliyan, Semarang. Sedangkan secara simultan semua variabel bebas berpengaruh (49,2%).

Documentation obtained show that high school 7 graduates entering economic education college in 2012 only 1.48%, whereas only 1.64% next year. It shows that the interest of the students continue their education to college majoring in economics education remains low. This study aims to determine whether there is influence learning motivation, academic achievement, and family economic conditions of the interest of the students continue their education to college class XI IPS in SMA throughout Ngaliyan subdistrict, Semarang either simultaneously or partially. Population class XI IPS in SMA Ngaliyan District, Semarang totaling 306 students, with 174 samples obtained Slovin formula students and using proportional random sampling. Analysis of the data used is the percentage descriptive analysis and multiple linear regeresi. Existing research results influence learning motivation (46.38%), family economic conditions (3.42%), and there was no effect on learning achievement against interest of students continue their education to college class XI IPS in SMA Ngaliyan District, Semarang. While simultaneously all independent variables influence (49,2%).

 

Article Details

How to Cite
Umma, I., & Margunani, M. (1). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PRESTASI BELAJAR, DAN KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI SEKECAMATAN NGALIYAN, SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 4(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4702
Section
Articles

References

Ajake, Uchenna Egodi. 2013. “Family Socio-Economic Status and Delinquency among Senior Secondary School Students in Calabar South, Cross River State, Nigeria”. Dalam American International Journal of Contemporary Research, Volume 3 No. 4. Nigeria: University of Calabar.

Arumsari, Tantri. 2013. Pengaruh Prestasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua
Terhadap Minat Siswa Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 2 No. 3. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gerungan. 2009. Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kansil, Christine S. T. 1997. Melangkah Ke Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Midas Surya Grafindo.

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kohn, Alfie. 2011. The Case Against Grade. http://www.alfiekohn.org/teaching/tcag.htm (29 Agustus 2014).

Nasution, Syafrina dan Lemta Tarigan. 2013. Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap
Minat Anak Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (Studi Kasus Kelas Xi
Semester Genap Di Sma Sinar Husni Medan Helvetia Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2010/2011). Dalam Jurnal Citizenship,Vol. 00 No.00. Medan: Universitas Negeri Medan.

Puspariani, Viorina dan Nur Kholis. 2013. Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Berprestasi, Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi. Dalam Jurnal Pendidikan, Vol. 2 No. 2. Yogyakarta: UNY.

Sinaga, Siska Oktavia. 2014. Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Prestasi Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Minat Anak Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Di Kelas Xi Ips Sma Swasta Raksana Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Dalam Jurnal Ekonomi, Volume . Medan: Fakultas Ekonomi UNIMED.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:Gramedia Widya Sarana Indonesia.

Yumaria, K. 2004. Ayo Ke Kampus: Kuliah Euy! Tips Menjadi Mahasiswa Di Bandung. Bandung: Nexx Media Inc.