Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi

Main Article Content

Tri Hartati
Widiyanto Widiyanto
Nina Oktarina

Abstract

Berdasarkan observasi di SMA N 1 Wadaslintang proses pembelajararan masih didominasi guru, ini membuat siswa pasif sehingga hasil belajar rendah. Upaya mencapai kompetensi pembelajaran adalah melakukan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran Role playing. Permasalahan: (1) apakah keaktifan siswa dengan penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar?, (2) bagaimana respon/tanggapan siswa dengan penerapan model Role Playing?. Tujuan: (1) mengetahui aktifitas siswa yang dapat meningkatkan hasil belajar, (2) mengetahui respon/tanggapan siswa terhadap model Role Playing.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan dan beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: keaktifan siswa, hasil belajar, dan respon siswa.

Siklus I aktifitas siswa sebesar 57,82% (cukup aktif), rata-rata nilai hasil belajar 72 ketuntasan klasikal 68,18% dan respon siswa 64,58% (positif). Siklus II keaktifan siswa menjadi 78,9% (aktif), rata-rata nilai hasil belajar 84 ketuntasan klasikal 95,45% dan respon siswa meningkat menjadi 77,56% (positif).

Simpulan dari penelitian ini adalah (1) meningkatnya keaktifan siswa dengan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) respon/tanggapan siswa menunjukan respon positif selama proses pembelajaran. Saran dari penelitian ini yaitu (1) Pembelajaran menggunakan model role playing dapat disesuaikan dengan materi yang ada dengan catatan guru harus menerangkan terlebih dahulu materi yang akan dipelajari, (2) model pembelajaran role playing memerlukan penguasaan materi yang baik jadi sebelum melakukan proses role playing disarankan siswa lebih banyak membaca materi agar proses pembelajaran lebih aktif.

 

Based on observation, economic teacher at SMA N 1 Wadaslintang implement teacher center learning, student being pasive and student achievement was low. Apply Role playing learning method can fix the problem of low student achievement. The problems are ;(1)could student acvities on role playing method increase student achievement?, (2)How are student responses about role playing method?. The purposed are :(1)to define student acvities on role playing method increase student achievement,(2)to describe student responses about role playing method.

This class action reaseacrh, use 2 cyclus. Each cyclus consist of planing, action, observation and reflection. Researcher found datas, consist of: student learning activity based on observation paper, post test result and questionnaire student responses at the last meeting.

Cycles I result show activity of students at 57.82% mean of student achievement are 72 with classical achievement 68.18% and student responses hits 64.58% in the positive criteria. Cycles II result show activity of students at 78.9% mean of student achievement are 84 with classical achievement 95.45% and student responses hits 77.56% in the positive criteria.

The conclusion are: (1) increasing of student activity has impact to add student achievement, (2) observation of class learning activity shown positive result. Suggestions relating to the results of this study are: (1) teachers can apply role playing to improve student achievement in case, teacher should present outline of materials. (2) students are advised to read a material to more actively explore the imagination and respond positively to the process of learning.

Article Details

How to Cite
Hartati, T., Widiyanto, W., & Oktarina, N. (1). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/539
Section
Articles

References

Anni, Catharina Tri, dkk. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Saemarang: UPT MKK UNNES

Anni, Chatarina Tri. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian:suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rieneka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kardoyo, Esti Mumpuni H. 2009. Model pembelajaran role playing pada mata pelajaran PS-Ekonomi materi pokok manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi. Dalam jurnal pendidikan ekonomi vol 4 no 2 juli. Semarang: UNNES

Rachman, Maman.2009. Penelitian Tindak Kelas (Dalam Bagan). Semarang: UPT Percetakan & Penerbitan UNNES Press

Silberman, Mel. 2007. Active Learning:101 Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta:Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi, Suhardjono, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Bumi Aksara

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Yogakarta: Insan Madani