Profile of Pedagogical Content Knowledge (PCK) of Accounting Subject Teachers at State Vocational High Schools

Main Article Content

Cut Misni Mulasiwi
Ramita Kholifaturrohmah

Abstract

Pedagogical content knowledge (PCK) merupakan kompetensi spesifik guru yang merupakan perpaduan antara pengetahuan materi ajar (konten) dan cara mengajar (pedagogis) yang berkembang seiring waktu dan pengalaman. TujuanĀ  penelitianĀ  ini adalah menganalisis profil kemampuan PCK guru mata pelajaran akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan PCK guru mata pelajaran akuntansi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan sampel menggunakan sampling jenuh. Subyek penelitian ini adalah guru akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Banyumas yang berjumlah 26 guru. Adapun simpulan hasil data kualitatif melalui pengumpulan data wawancara tiap responden adalah guru mengintegrasikan materi ajar (konten) dan cara mengajar (pedagogik) dengan baik. Di dalam proses pembelajaran, guru selalu memikirkan pembelajaran yang efektif dengan menggunakan fasilitas seperti komputer, LCD proyektor, dan internet diintegrasikan menggunakan model dan media pembelajaran yang cukup bervariasi dengan disesuaikan materi. Namun, ada beberapa yang perlu ditingkatkan, di antaranya kemampuan guru dalam melaksanakan diskusi kelompok secara efektif, menguasai materi seperti subject matter expert, serta mengatasi kesulitan belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Mulasiwi, C., & Kholifaturrohmah, R. (2022). Profile of Pedagogical Content Knowledge (PCK) of Accounting Subject Teachers at State Vocational High Schools. Economic Education Analysis Journal, 11(2), 119-129. https://doi.org/10.15294/eeaj.v11i2.55816
Section
Articles