PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING BERBASIS WEB (BLENDED LEARNING) DALAM UPAYA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN AKTIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Orientasi pembelajaran sekarang ini adalah terpusat pada peserta didik dimana aktivitas peserta didik tersebut yang menjadi kunci keberhasilan suatu pembelajaran. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dalam pembelajaran mata diklat melakukan prosedur administrasi diketahui bahwa keaktifan siswa di kelas masih sangat kurang yang diikuti dengan kurang maksimalnya hasil belajar yang didapatkan. Hal ini dapat dilihat dari sedikitnya siswa yang mandiri dalam belajar, bertanya kepada guru, dan menjawab pertanyaan guru. Untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang aktif pada siswa di kelas dalam pokok bahasan surat pengaduan dan surat balasan pengaduan dan melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan memvariasikan metode active learning di kelas dengan e-learning (web). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 2 Semarang. Rancangan kegiatan penelitian ini adalah siklus kegiatan yang terdiri dari tiga siklus, dimana dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, siswa dan proses untuk mengukur kualitas iklim pembelajaran aktif dan tes untuk mengukur hasil belajar yang berlangsung tiap siklusnya. Hasil penelitian diperoleh rata-rata tingkat kualitas pembelajaran aktif yang tercipta pada siklus I sebesar 55.3%, pada siklus II sebesar 73.27% dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 86.82% dengan kategori sangat baik. Peningkatan kualitas pembelajaran aktif berdampak terhadap hasil belajar siswa yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 76.50 dengan ketuntasan klasikal 57% pada siklus II rata-rata mencapai 80 dengan ketuntasan klasikal 70.5%, dan pada siklus III rata rata siswa mencapai 88.5 dengan ketuntasan klasikal 94%. Hasil analisis regresinya membuktikan pengaruh pembelajaran aktif terhadap hasil belajar dengan persamaan Y= 22.028 + 1.601X dengan nilai R2 0.857 dan nilai probabilitas F-Test 0.00 dibawah 0.05 yang artinya pembelajaran aktif berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan adapat menjelaskan variasinya sebesar 85.7%. Kesimpulan penelitian ini strategi active learning berbasis web (Blended Learning) terbukti mampu menciptakan pembelajaran aktif yang berkualitas dan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Saran yang diberikan adalah untuk meningkatkan kemandirian siswa,inovasi dan kreatifitas guru dalam variasi pembelajaran masa kini serta dukungan sekolah untuk fasilitas yang menunjang.
Today learning orientation focused on activities students that be succes key in learning process. Based on observation by researcher in Melakukan Prosedur Administrasi lesson show result that student activeness in class is low which followed by decrease learning score that students’s get. This fact showed from unindependent soul of students in learning, asking to teacher, and answer to question from teacher. To make Active Condition Learning in Surat Pengaduan dan Surat Balasan Pengaduan lesson and to see effect of active learning cindition to students score in learning so needed classroom action research with colaborating active learning methods with e-learning (web). Subject in this research is students of X AP 1 SMK Negeri 2 Semarang. Procedur of this action research is action sicle which formed with 3 sicles include plan, action, observation and reflection. Instrument to collecting data in this research is use observation sheet to measure active condition learning quality and test to measure score students in learning in every sicle. Result of this research showed that average of active condition learning in sicle 1 is 55.3%, 73.27% in sicle 2 and increase in sicle 3 to be 86.82% with awesome predicate. That fact effect to score students in learning whic showed by average of socer student in sicle 1 is 76.50 with 57% classical complete , 80 in sicle 2 with 70.5% classical complete and in sicle 3 average of socer student is 88.5 with 94% classical complete. Statistic result used regression prove effect of active condition learning to score of students get in learning with equation Y= 22.028 + 1.601X with R2 0.857 and score of probabilitas X is under α 0.05 which means that active condition learning have significant effect to score of students get in learning and can explain about it’s as 85.7%. This research conclusion is active learning strategy based on web (Blended Learning) can made active condition learning with awesome quality and have an effect to score students in learning. Recommendation that suggested in this research are to improve independent soul of students, inovative and creativity teacher in today learning variation and support from school to supply learning facilities.
Article Details
References
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara
Vonderwell, Selma and Sandra Turner. 2005. Active Learning and Preservice Teacher Experiences in an Online Class: A Case Study. Dalam Jurnal Vol. 13 (Hal. 65-84). IEJ