KOMPARATIF PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR

Main Article Content

Lukman Khairudin
Marimin Marimin
Ade Rustiana

Abstract

Keterampilan mengetik sepuluh jari buta yang dimiliki oleh siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Pekalongan masih rendah. Salah satu cara untuk mengingkatkan hasil belajar siswa dalam  pembelajaran ketrampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) pada standar kompetensi mengetik sepuluh  jari  yaitu dengan  media pembelajaran Adobe Flash menggunakan model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran berbasis komputer.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X AP1 dan X AP2 SMK Negeri 2 Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Instrumen pengumpulan data ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh siklus I bahwa  hasil  belajar  siswa  pada pembelajaran mengetik  menggunakan media pembelajaran Adobe Flash mengalami peningkatan nilai dari rata-rata 103 cpm pada siklus 1 menjadi 113 cpm dan 112 cpm pada siklus 2 walaupun masih tergolong baik. Perolehan nilai  ini masuk dalam kategori  mampu menguasai praktik mengetik yang artinya bahwa kecepatan mengetik menggunakan media pembelajaran adobe flash dengan model pembelajaran kooperatif dengan model pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatakan hasil belajar siswa.

Skill typing using 10 fingers blind possessed by a student x of administrative offices in public smk 2 pekalongan still low. One way to mengingkatkan study result of the students in learning a craft a computer and information management ( kkpi competency standard ) on typing using 10 fingers namely by media of learning adobe flash use the model of learning cooperative and a model of learning dna-based computer. The subject of the research is student X and X class AP1 AP2 SMK Negeri 2 Pekalongan school year 2011/2012. This research procedure is a cycle of activity that consists of two cycles, where each cycle consists of planning, action, observation and reflection.This data collection instruments are observation and tests.

The research results obtained I cycle that results in student learning on learning typing using Adobe Flash media learning experience an increase in the value of the average cpm on cycle 1 of 103 to 111 and 112 on CPMs CPMs cycle 2 Although still relatively good. Obtaining this value belongs to the category are capable of mastering typing practice typing speed which means that using the media learning adobe flash with cooperative learning model with computer-based learning models can meningkatakan student learning outcomes.

Article Details

How to Cite
Khairudin, L., Marimin, M., & Rustiana, A. (1). KOMPARATIF PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROGRAM ADOBE FLASH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/565
Section
Articles

References

Anita Lie. 2003. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Grasindo.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Chandra. 2006. 7 jam Belajar Interaktif Flash Profesional 8. Palembang: Maxiom
Mulyono, dkk. 1984. Mengetik dengan Sistem 10 Jari. Yogyakarta: Liberty
Thomson, D. 2010. Mengetik Secepat Menulis. Yogyakarta: Lukita.