EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PAJAK DALAM PEREKONOMIAN NASIONAL SISWA KELAS VIII SMP N 39 SEMARANG

Main Article Content

Julia Ratma Wardani
Yustina Sri Aminah
Sri Kustini

Abstract

Pendidikan merupakan media yang sangat berperan untuk menciptakan manusia yang berkualitas, Keberhasilan proses belajar mengajar pada pembelajaran dapat dilihat dari keberhasilan siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Akan tetapi pada kenyataannya di SMP N 39 Semarang hasil belajar mata pelajaran ekonomi belum optimal. Beberapa kelas masih banyak terdapat siswa yang tidak tuntas hasil belajarnya. Jumlah rata-rata siswa yang tuntas berjumlah 56,27%, sedangkan jumlah rata-rata siswa yang belum tuntas berjumlah 43,73%, sehingga perlu adanya peningkatan hasil belajar yang lebih maksimal. Untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tersebut salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, maka diterapkan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS Ekonomi pokok bahasan Pajak dalam Perekonomian Nasional dibandingkan metode ceramah.Proses pembelajaran adalah faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan hasil belajar, akan tetapi proses pembelajaran masih didominasi oleh guru dengan metode ceramah satu arah yang memposisikan peserta didik hanya sebagai pendengar tanpa dilibatkan dalam interaksi pembelajaran, sehingga siswa tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu dibutuhkan solusi metode pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga keaktifan dan hasil belajar dapat meningkat. Hasil penelitian menunjukan terjadinya peneingkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya seperti: hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 77,1%, hasil belajar pada siklus II sebesar 91,4%. Ketuntsan belajar pada siklus I belum mencapai indikator kinerja penelitian sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar sudah mencapai indikator kinerja penelitian. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya terlihat dari aktivitas siswa pada siklus I sebesar 68,18% keaktifan sedang dan aktivitas siswa pada siklus II sebesar 78,6% keaktifan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran Pajak dalam perekonomian nasional dengan metode pembelajaran NHT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

 

Education is a very influential media to create quality human, The success of the learning process in learning can be seen from the success of students who follow these activities. But in fact in SMP N 39 Semarang learning outcomes have not been optimal economic subjects. Some classes are still many students who do not complete the study. The average number of students who completed amounted to 56.27%, while the average number of students who have not completed amounted to 43.73%, so there needs to be improved to maximize learning outcomes. To overcome the problem of learning is one of them by applying a learning model that aims to improve the quality of learning, the learning model is applied NHT (Numbered Head Together). The purpose of this study was to determine the application of learning models Numbered Head Together can improve learning outcomes subject IPS Economics of Taxation in the National Economy  than the lecture method. The learning process a factor that very important in the success results learning, but the learning process is still dominated by the teacher with the methods lectures one direction that positioning learners just as listeners without involved in interaction of learning, and so students not interested in the learning. Therefore needed solution methods of instruction interesting and will raise motivation students learn so liveliness and study result of the could increase. Research results showed the students learning up on each cycle as: the students on learning cycle I 77,1 % and results in learning cycle II 91,4 %. Ketuntsan learning cycle in cycles I has not yet reached performance indicators research while in cycles II has reached ketuntasan iearn performance indicators research. Increased student activity cycle seen on each cycle of activity students on I was 68,18%, of liveliness the activity of students on II cycle of 78,6 % liveliness. Based on research needs and concluded that learning activities scarcity with learning method stad can improve liveliness and results iearn students.

Article Details

How to Cite
Wardani, J., Aminah, Y., & Kustini, S. (1). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PAJAK DALAM PEREKONOMIAN NASIONAL SISWA KELAS VIII SMP N 39 SEMARANG. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/598
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa, 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung : PT Rosdakarya
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Susanto, Agus. 2004. Teknologi informasi dan komunikasi. Purwodadi : Aris Grafika