EFEKTIFITAS METODE KOOPERATIF STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR JURNAL UMUM
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 11 Semarang diketahui prestasi belajar akuntansi siswa pada jurnal umum kelas XI IPS tergolong rendah. Pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah apakah metode STAD lebih efektif dalam meningkatkan pretasi belajar siswa kompetensi dasar jurnal umum. Metode pengambilan data adalah metode dokumentasi, tes, dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample t Test, Independent Sample t Test, dan One Sample t Test. Berdasarkan uji tahap akhir nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat, nilai rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata postest kelas kontrol dan kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan diatas kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian metode pembelajaran STAD lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kompetensi dasar jurnal umum.
Based on preliminary observations in SMA 11 Semarang in mind that accounting students' learning achievement in the general ledger XI IPS is still relatively low. Learning that teachers do is lecture method. The purpose of this study was to determine whether the STAD method can improve learning achievement. Method using the method of documentation, test, and observation. Testing the hypothesis using a paired sample t test Test test, independent sample t test, and test One Sample t Test. Based on the final stages of testing the value of the average post-test experimental class higher than the control class. Based on these results it can be concluded STAD learning methods is more effective in improving student’s learning achievment in general ledger accounting.
Article Details
References
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset
Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Pujiati, Irma. 2008. Peningkatan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Dalam Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol.1, No 1 diperoleh dari http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/61084351.pdf ( 5 Februari 2012)
Slavin, Robert E. 2010. Cooperatif Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media
Suprijono, Agus. 2011. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Triyanto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Siswa Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo