PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN UANG SAKU TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI DASAR EKONOMI KELAS VII DAN VIII
Main Article Content
Abstract
Kemandirian belajar membantu siswa untuk bertanggung jawab dan menumbuhkan kesadaran belajar. Penggunaan uang saku menumbuhkan jiwa mandiri, jujur dan komitmen. Adapun hasil observasi awal menunjukkan masih ada siswa kels VII dan VIII SMP Semesta untuk kompetensi dasar ekonomi dibawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dn penggunaan uang saku terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi kelas VII dan VIII SMP Semesta. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII dan VIII SMP Semesta Boarding School Semarang. Variabel penelitian ini adalah kemandirian belajar dan penggunaan uang saku sebagai variabel bebas, sedangkan untuk variabel terikat adalah prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi. Data diambil dengan metode wawancara, kuesioner dan dokumentasi guru. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.Berdasarkan penelitian secara simultan menunjukkan adanya pengaruh antara kemandirian belajar dan penggunaan uang saku terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi sebesar 51,3%. Secara parsial, pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi sebesar 66,2% dan pengaruh penggunaan uang saku terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi sebesar 62,5%.Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa kemandirian belajar dan penggunaan uang saku berpengaruh positif baik secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar kompetensi dasar ekonomi kelas VII dan VIII SMP Semesta Boarding school semarang tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu : 1) Sekolah disarankan untuk memberikan batasan siswa pulang ke rumah agar dapat membantu siswa beradaptasi dengan cepat dan mudah tinggal di asrama. 2) Orang tua disarankan untuk memberikan uang saku yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. 3) Siswa disarankan untuk meningkatkan kemandirian dalam aspek belajar terutama bagi mata pelajaran yang masih kurang dari kriteria ketuntasan minimum (KKM)
Learning Independency is crucial for students. Additionality, learning independence helps students to be responsible and grows the willing of learning. The management of the use of pocket money creates a feeling of responsibility, commitment and discipline. The finale of this research to know learning independence and the use of pocket money influence the learning achievement in Economics subject on VII and VIII of SMP Semesta Boarding School in the Academic year of 2011/2012. The populations of this research are all VII and VIII grade studentsof SMP Semesta Boarding School. Learning Independency and The use of Pocket Money act as free variable, while students’learning achievement acts asbound variable. The data was gathered from interview, questionnaire and teacher’s documentation. The analysis of the data applies double regression linear analysis.Based on the double linear analysis simultaneously, it is revealed that Learning Independency and The use of Pocket Money influene the learning achievement in Economics subject on VII and VIII until up to 51,3%. Partially, thev ariable of Learning Independency influence the learning achievement in Economics is 66,2% and The use of Pocket Money influene the learning achievement in Economics is 62,5%.According to the result of the research above, it can be concluded that learning independence and the use of Pocket Money influence the learning independence and the use of pocket money influence the learning achievement of Econimics subject for VII and VIII grade of SMP Semesta Boarding School Semarang in the academic year of 2011/2012 on simultan and partially . Based on this research, hopefullythe, 1) School give a little change to student when they go home. 2) Parents observe give of pocket money by the students activity in the dormitory.3) student hopefully to progress their learning independency actually to the learning achievement that still under minimum criteria (KKM).
Article Details
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, abu.2004.Psikologi belajar.Jakarta : Rineka Cipta
Ali , Mohammad.2009.Psikologi remaja:psikologi perkembangan.Jakarta: PT Rineka cipta
Lermitte, Paul W dan Jennifer Merritt.2004. agar anak pandai mengelola uang saku.Jakarta : Gramedia
Ghozali,Imam.2008.Desain Penelitian Eksperimental Teori,Konsep dan Analisis Data dengan SPSS 16.0. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Sudjana.2005.metode statistika.bandung : tarsito
Lestari , tri.2011.”Pengaruh kemandirian belajar dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Nogosari tahun ajaran 2010/2011”.Skripsi.Surakarta : Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan UMS.
Mu’tadin, Zainun.2002.Kemandirian sebagai kebutuhan psikologi remaja.www.epsikologi.com.(8 februari 2012).
Yanuar, yunan P.2008.”Surakarta internasional school”.tugas akhir.surakarta : fakultas teknik UMS.
D.S, Hayati dan Linda.2007.”Analisis penggunaan uang saku terhadap konsumsi entertainment mahasiswa Universitas Kristen petra Surabaya”.Skripsi.Surabaya: fakultas ekonomi universitas Kristen Petra.
Slameto.2003.Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta : PT Rineka Cipta