FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR AYAT JURNAL PENYESUAIAN MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bae Kudus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 (enam) faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu (1) Faktor psikologi siswa (27,54%), (2) Faktor lingkungan masyarakat (10,18%), (3) Faktor lingkungan keluarga (8,70%), (4)Faktor pendukung belajar (6,98%), (5) Faktor lingkungan keluarga (6,50%), (6)Faktor waktu sekolah (6,23%). Faktor yang memberikan kontribusi paling besar yaitu faktor psikologi siswa sebesar 27,54% dan faktor dengan kontribusi paling kecil yaitu faktor waktu sekolah sebesar 6,23%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Hendaknya keluarga menciptakan suasana rumah yang tenang dan nyaman agar siswa dapat belajar dengan baik dirumah sehingga mendapatkan nilai atau hasil belajar sesuai yang diharapkan, (2) Siswa sebaiknya membagi waktu antara belajar dengan kegiatan-kegiatan siswa baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah, (3) Hendaknya orang tua lebih memperhatikan media massa yang digunakan oleh anak-anaknya agar media massa tersebut tetap berpengaruh positif terhadap kegiatan belajarnya.
The objective of this study is to find out and analyze the factors that influence the students’ learning outcomes on the basic competence of the verse journal adjustment in the accountancy subject in Social class of grade XI SMA Negeri 1 Bae Kudus. The method of data collection used is questionnaire and documentation. The results of the study indicates that there are 6 (six) factors that influence the students’ learning outcomes: (1) the students’ psychology factor (27,54%), (2) the society factor (10,18%), (3) the family factor (8.70%), (4) the learning support factor (6.98%), (5) the environmental factor (6.50%), (6) the school hour factor (6,23). The most contribution factor is the students’ psychology factor with the frequency 27,54% and the smallest contribution factor is the school hour time with the frequency 6,23%. The advice presented in this study are (1) the family Should create an atmosphere of quiet and comfortable home in order that students may learn well at home so get value or learning outcomes match the expected, (2) Students should divide time between studying with student activities both within the school and outside of school, (3) parents Should pay more attention to the mass media that is used by his children to such influential mass media remains positive towards their learning activities.
Article Details
References
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat Arti dan Interprestasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia