PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus tentang Persepsi Siswa pada Mata Pelajaran Surat Menyurat Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Palebon Semarang)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran surat menyurat kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Palebon Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Palebon Semarang yang berjumlah 80 siswa. Responden yang digunakan adalah keseluruhan dari jumlah populasi (penelitian populasi). Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS release 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 42,423 + 0,289X1 + 0,275X2. Uji F diperoleh Fhitung = 50,592 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha3 diterima. Secara parsial (uji t) variabel keterampilan mengajar guru (X1) diperoleh thitung = 2,953 dengan signifikansi 0,004 < 0,05, sehingga Ha1 diterima. Variabel lingkungan keluarga (X2) diperoleh thitung = 3,012 dengan signifikansi 0,004 < 0,05, sehingga Ha2 diterima. Secara parsial keterampilan mengajar guru dan lingkungan keluarga masing-masing berpengaruh sebesar 10,17% dan 10,56% terhadap hasil belajar siswa.
Based on the results of preliminary observations by teachers vocational subjects Palebon correspondence, obtained information that the learning outcomes in subjects correspondence is still low due to gain mastery criteria below minimum value is 7.5. Based on the problem of this research is there any influence students' perceptions about the teaching skills of teachers and family environment on student learning outcomes in subjects correspondence class X Office Administration majoring in vocational Palebon simultaneously and partially.The population of this study were students of class X SMK Palebon Office Administration Department Semarang totaling 80 students. Respondents who used the whole of the population (population studies). Methods of data collection using documentation, questionnaire and interview. Data analysis using descriptive analysis of the percentage and multiple linear regression analysis with SPSS release 16.The results showed that the multiple linear regression analysis obtained by the equation: Y = 42.423 + 0,289X1 + 0,275X2. F test obtained F = 50.592 with the significance of 0.000 <0.05, so HA3 accepted. Partially (t test) variable teaching skills of teachers (X1) obtained t = 2.953 with significance 0.004 <0.05, so Ha1 accepted. Family environment variables (X2) obtained t = 3.012 with significance 0.004 <0.05, so Ha2 accepted. Partially teaching skills of teachers and family environment affect each of 10.17% and 10.56% of the student learning outcomes.
Â
Article Details
References
Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh. 2005. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswin Zain. 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kilic, Abdurrahman. 2010 January. Learner Centered Micro Teaching In Teacher Education. (Online Serial). Www.e-iji.net/dosyalar/tji_2010_1_5.pdf. (1 Maret 2010).
Marno dan Idris. 2008. Strategi Dan Metode Pengajaran Menciptakan Keterampilan Mengajar Yang Efektif Dan Edukatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Munib, Achmad. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : UPT MKK UNNES
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A.M. 2008. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Shidieqy, Dally Ash. 2009. Konsep Dasar Mengajar. http://bukangudangbiasa.blogspot.com/2009/03/konsep-dasar-mengajar.html. (4 Januari 2010).
Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutomo. 2004. Manajemen Sekolah. Semarang: UPT MKK UNNES Press.
Tri Anni, Chatarina. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang : UNNES Press
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.
Usman, Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.