FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI PERKANTORAN KELAS X PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 KENDAL
Main Article Content
Abstract
Kesulitan belajar siswa perlu diketahui penyebabnya, agar dapat membantu memaksimalkan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas X program studi administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Kendal.(2) berapa besar kontribusi pengaruh yang diberikan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas X program studi administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Kendal.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor dan deskriptif persentase.Hasil analisis faktor menunjukan bahwa dari 17 variabel direduksi menjadi 16 variabel yang mengelompok menjadi 6 faktor baru yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa antara lain yaitu (1) Faktor Pembelajaran sebesar 26,958%, (2) Faktor keadaan sekolah dan keluarga sebesar 12,168%, (3) Faktor kondisi jasmani dan rohani sebesar 10,048%, (4) Faktor lingkungan masyarakat sebesar 7,069%, (5) Faktor pergaulan sebesar 6,578% dan (6) Faktor kecerdasan sebesar 6,276%.
Â
Learning difficulties students need to know the cause, in order to help maximize student learning. This study aims to (1) determine the factors that influence the difficulty of class X student office administration courses at SMK Negeri 1 Kendal. (2) how much contribution the influence exerted by factors that affect students' learning difficulties in class X office administration courses at SMK Negeri 1 Kendal. The technique of collecting data using questionnaires, documentation and interviews. Data were analyzed using factor analysis and descriptive percentages. Results of factor analysis showed that of the 17 variables reduced to 16 variables grouped into 6 new factor affecting students' learning difficulties, among others: (1) Learning factor of 26.958%, (2) factors of school and family circumstances amounting to 12.168%, (3) physical and spiritual condition factor of 10.048%, (4) environmental factors society at 7.069%, (5) social factor of 6.578% and (6) the intelligence factor of 6.276%.
Article Details
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.
Mulyati. 2010. Diagnosa Kesulitan Belajar. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tri Anni, Chatarina. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang : UNNES Press
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.
Usman, Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya