PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PENGGUNAAN MEDIA TYPING MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI BUTA PADA MATA DIKLAT OTOMATISASI PERKANTORAN KELAS X AP DI SMK PALEBON SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media terhadap keterampilan mengetik 10 jari buta kelas X AP SMK Palebon Semarang baik secara simultan maupun parsial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui baik secara simultan maupun parsial apakah motivasi belajar dan penggunaan media typing master berpengaruh terhadap keterampilan mengetik siswa kelas X AP SMK Palebon Semarang. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X AP sebanyak 91 orang. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar, penggunaan media, dan keterampilan mengetik 10 jari buta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuisioner, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil dari analisis regresi ganda penelitian ini yaitu Y= -14.439 + 0.292 X1 + 0.845 X2. Ada pengaruh secara simultan sebesar 73,3%, sedangkan pengaruh secara parsial motivasi belajar sebesar 13,47% dan penggunaan media sebesar 40,19%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media terhadap keterampilan mengetik 10 jari baik secara simultan maupun parsial.
Problems examined in this study is there any influence in learning motivation and the use of media to 10 fingers blind typing skills at tenth grade of SMK AP Palebon Semarang either simultaneously or partially. The purpose of this study is to determine either simultaneously or partially in learning motivation and the use of media to influence typing skills at tenth grade of SMK AP Palebon Semarang. The variables were examined in this study is the learning motivation, the use of media, and 10 fingers blind typing skills. The Population in this research is tenth grade AP as many as 91 students. Data collection is used by the writer are questionnaires, tests, observation and documentation. Data analyzed using descriptive analysis and multiple regression analysis. Results of this research multiple regression analysis is Y = -14 439 + 0292 + 0845 X2 X1. There is a simultaneous effect of 73.3%, while the partial effect of learning motivation by 13.47% and amounted to 40.19% of media use. The conclusion of this research, there is influence in learning motivation and the use of media to 10 finger typing skills either simultaneously or partially.
Â
Article Details
References
Angkasa.
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dimyati, dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariance Sengan Program IBM SPSS 19, Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
http://mikro-software.blogspot.com/2011/10/typing-master.html (14 Februari 2015 Pkl. 18.57 WIB)
Ma’mun, Amung dan Yudha M. Saputra. 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Depdibud.
Marimin, dkk. 2012. Keyboarding dengan Sistem 10 Jari. Semarang: Unnes Press.
Rianggoro, Krisna. 2003. Marilah Belajar Mengetik. Semarang: Aneka Ilmu.
Rietvield, Piet dan Lasmono Tri Sunaryanto. 1994. 87 Masalah Pokok dalam Regresi Berganda. Yogyakarta: Andi Offset.
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatis, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
------------. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.