PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK PALEBON SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Article Content

Rian Ayu Anggreani
Sri Kustini

Abstract

Hasil dari observasi prestasi belajar siswa diketahui bahwa 51,6% siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan keluarga secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan siswa kelas X akuntansi SMK Palebon Semarang tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X akuntansi SMK Palebon Semarang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 95 siswa sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah simple random samplingdengan jumlah responden 77 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi prestasi belajar (Y), disipilin belajar (X1) dan lingkungan keluarga (X2). Metode pengumpulan data menggunakan metode do kumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh disiplin belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar pengantar akuntansi dan keuangan secara simultan (85,2%) secara parsial disiplin belajar memiliki pengaruh sebesar 34,93% dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh sebesar 10,63%.

Results of observations is known 51.6% of students can not reach the minimum completeness criteria. The population in this research were all students of accounting class X SMK Palebon Semarang 2014/2015 school year, amount 95 students while the sampling technique used was simple random sampling with the number of respondents 77 students.The results showed that there is influence of learning discipline, family environment to the learning achievement in introduction financial and accounting subject simultaneously(85.2%) while learn disciplines influence to learning achievement by 34.93%, the family environment has an influence by 10.63% and school facilities have an inluence by 6.66% partially. The conclusion of this research show there are the inluence of learning discipline, family environment on student achievement either simultaneously or partially.

Article Details

How to Cite
Anggreani, R., & Kustini, S. (1). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK PALEBON SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/6774
Section
Articles

References

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinek Cipta
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud
Khafid, Muhammad dan Suroso. 2007. “Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 2 No. 2. Hal 185. Semarang: UNNES.
Robledo, Patricia, dkk. 2012. The Family Environment of Students with Learning Disabilities and ADHD. Dalam Jurnal Internasional. Spain: University Of León. Diambil dari http:/www.intechopen.com/2012/the-family-environment-of-students-with-learning-disabilities-and-adhd/
Sasmito, Agus, dkk. 2012. “Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Menafsirkan Persamaan Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA MARDASISWA”.
Setyaji, Wahyu Anggoro. 2011. “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Masehi PSAK Ambarawa”.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Syah,Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.
Winwin Yadiati. 2010. Teori Akuntansi : Suatu Pengantar. Jakarta: PT Kencana
Yusuf, Syamsu. 2009. PsikologiPerkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya