PENGARUH PENDIDIKAN PERKOPERASIAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KUD KARYA MINA KOTA TEGAL TAHUN 2014
Main Article Content
Abstract
Koperasi untuk mencapai tujuannya membutuhkan peran anggota melalui partisipasi. Partisipasi anggota dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantara adalah pendidikan perkoperasian dan kualitas pelayanan. Hasil observasi menunjukkan bahwa partisipasi anggota KUD Karya Mina Kota Tegal masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui adakah pengaruh pengaruh pendidikan perkoperasian secara parsial terhadap partisipasi anggota KUD Karya Mina Kota Tegal, (2) Mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap partisipasi anggota KUD Karya Mina Kota Tegal, (3) Mengetahui adakah pengaruh pendidikan perkoperasian dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap partisipasi anggota KUD Karya Mina Kota Tegal. Populasi penelitian anggota KUD Karya Mina Kota Tegal berjumlah 3667 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik wilayah secara acak atau area probability random sampling dengan jumlah total sampel 98 responden yang terbagi dalam 12 kelompok nelayan. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu pendidikan perkoperasian (X1), kualitas pelayanan (X2), dan Partisipasi Anggota (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data : dokumentasi dan angket. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan perkoperasian terhadap partisipasi anggota dengan nilai thitung sebesar 3,063 dengan sig = 0,000<0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota dengan nilai thitung sebesar 0,503 dengan sig = 0,000<0,05. Secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan perkoperasian dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota dengan nilai Fhitung sebesar 13,404 dengan nilai signifikasi 0,000<0,05 dan nilai R2 sebesar 0,220
To achieve the goal, cooperative requires members role through participation. Member participation is influenced by several factors, they are cooperatives education and the service quality. The purpose of this study is (1) to know if there any influence of cooperative education partially on the participation of members of KUD Karya Mina Tegal City, (2) to know if there any influence of service quality partially to the participation of cooperative members KUD Karya Mina Tegal City, (3) to know if there any influence of cooperative education and the service quality simultaneously to the participation of KUD Karya Mina Tegal City members. The populations of cooperative members KUD Karya Mina Tegal City are 3667 people. Sampling using area probability random sampling with a total sample of 98 respondents consisted of 12 fisherman groups. The variables in this study include free variables of cooperation education (X1), service quality (X2), and Member participation (Y) as the dependent variable. Method of data collection: documentation and questionnaire. The method of data analysis is descriptive analysis and the percentage of multiple linear regression analysis. The results of the study show that there is a positive and significant effect of cooperative education on the members participation with tobserved = 3,063 with sig = 0,000<0,05 and there is a positive and significant effect of quality service on the members participation with tobserved = 0,503 with sig = 0,000<0,05. Simultaneously, there are positive and significant effect of cooperative education and quality service on the members participation with Fobserved = 13,404 with significant value 0,000<0,05 and R2 = 0,220.
Article Details
References
Baswir, Revrisond. 2000. Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
Djuarni, Wenny. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi terhadap Perkembangan Usaha Anggota (The Influence of Cooperative Service Quality Over Member Development). Jurnal Ekonomi Insetif Kopwil4, Volume 5 No. 1 Juli 2011, ISSN:1907, hal 18 s.d. 24, Cianjur: Universitas Putra Indonesia (UNPI).
Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Haji Masagung.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendar dan Kusnadi. 2005. Ekonomi Koperasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.
Hendrojogi. 2012. Koperasi: Asas-asas, Teori, dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kartasapoetra. 2000. Praktek Pengelolaan Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Laporan Pertanggungjawaban Pengurus. 2014. Tegal: KUD Karya Mina .
MD, Sagimun. 1989. Koperasi Soko Guru Ekonomi Nasional indonesia. Jakarta: Haji Masagung.
Mutis, Thoby. 1992. Pengembangan Koperasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ropke, Jochen. 2003. Ekonomi Koperasi: Teori dan Manajemen. Jakarta:Salemba Empat.
Sitio, Arifin dan Halamoan Tamba. 2001. Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.
Sudarsono dan Edilius. 2007. Manajemen Koperasi Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudarsono dan Edilius. 2005. Koperasi dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan keduabelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhartati, Tati. 2005. Manajemen Koperasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukamdiyo, ign. 1996. Manajemen Koperasi. Jakarta: Erlangga.
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono, Fandy. 2009. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontenporer. Yogyakarta: Andi Offset.
Widiyanti, Ninik. 2003. Koperasi dan Perekonomian Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Widiyanti, Ninik. 2007. Manajemen Koperasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.