PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, KEPRIBADIAN PEGAWAI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PELAYANAN DI PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) PEKALONGAN

Main Article Content

Sari Dian Martha
Hengky Pramusinto

Abstract

Saat ini listrik menjadi hal penting dan keberadaannya menjadi pendukung untuk mewujudkan suatu pembangunan. Berdasarkan hasil observasi awal di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Pekalongan, peneliti menemukan bahwa masih terdapat ketidakpuasan dari pelanggan.adakah pengaruh kompetensi pegawai, kepribadian pegawai dan lingkungan kerja terhadap pelayanan di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Pekalongan baik secara parsial maupun bersama-sama. Sampel  pada penelitian ini berjumlah 115 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan deskriptif persentase dan regresi linier berganda.Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan kompetensi pegawai, kepribadian pegawai dan lingkungan kerja terhadap pelayananmemiliki pengaruh secara simultan dengan taraf signifikansi 0,000< 0,05. Sedangkan secara parsial juga memiliki taraf signifikansi 0,000< 0,05. Hanya variabel lingkungan kerja yang memiliki taraf signifikansi 0,005 < 0,05.

Current electricity becomes something important and his whereabouts being stalwart to create a project. Much activity of putting electricity. Based on the results of preliminary observations in the state electricity company in pekalongan, Researchers found that there are still discontent from customers. Is there the influence of competence of employees , the personality of the service employees and work environment in the state electricity company in pekalongan both in the partial and simultaneous. Samples to research are always the 115 respondents.Data collection method poll and using documentation.A method of processing and analysis of data use descriptive the percentage and linear regression worship of idols.Linear regression test double showed competence of employees , the personality of employees and work environment to the economic situation of having simultaneously with the influence of significance 0,000 < 0,05. In partial while also having level of significance 0,000 < 0,05. Only variable a work environment where having level of significance 0,005 < 0,05.

Article Details

How to Cite
Martha, S., & Pramusinto, H. (1). PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, KEPRIBADIAN PEGAWAI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PELAYANAN DI PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) PEKALONGAN. Economic Education Analysis Journal, 4(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/6781
Section
Articles

References

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Erviana, Okky. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Dr. Soewondo Kendal. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Kharisma, Gogy Bara. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Serba Usaha Setya Usaha di Kabupaten Jepara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium. Jakarta: PTPrenhallinda.
Nugroho, 2005, Strategi Jitu Memilih Metode Penelitian SPSS, Yogyakarta: Andi
Palan, R. 2007. Competency Management. Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. Penerjemah: Octa Melia Jalal. Penerbit PPM.Jakarta.
Permanasari, Ragil. 2013. Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Anugrah Raharjo Semarang). Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Puspaningtyas, Ayu. 2010. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus Bengkel Rizzla Motor Cilacap). Perwokerto: Universitas Soedirman.
Subekti, Edwin. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Jasa pada Bengkel Motor “Ahass Teknik Kita” Kabupaten Semarang. Skripsi. Semarang: Jurusan Manajemen Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta:GramediaPustakaUtama.
Yodhita, Dinda Purtri. 2011. Pengaruh Kepribadian Karyawan dan Gaya Kepemimpinan terhadap Pelayanan di Cafe Mr. Coffee Tegal. Tegal: Universitas Panca Sakti.
Yusuf, Baharudin. 2007. Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Lingkungan Kerja terhadap Pelayanan (Studi Kasus Koperasi Sejahtera Kecamatan Bantarbolang). Semarang: Universitas Semarang