KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL FILMSTRIP DALAM PEMBELAJARAN KEARSIPAN MATERI SISTEM NOMOR

Main Article Content

Ariesa Prihatanti
S. Martono S. Martono
Ismiyati Ismiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual filmstrip lebih efektif daripada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil postest kelas eksperimen (81,62) lebih tinggi daripada kelas kontrol (73,28). Penelitian juga didukung data yang berupa lembar observasi kinerja guru yang menunjukkan bahwa kinerja  tergolong baik dan hasil tanggapan siswa terhadap media tergolong cukup setuju. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual filmstrip lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar kearsipan materi sistem nomor di SMK Negeri 1 Demak.

The purpose of this research for known the influence of learning by using audio-visual filmstrip media more effective than conventional learning to increase the studying result on syistem numerical material of office administration at the Vocational High School 1 Demak. This result of this research showed that the average postest result of experiment class (81,62) higher than control class (73,28). This research is also supported by the data form the sheet of teacher observation andstudent’s questionaire based of the teacher performance is good and the student responses of the media is agree. According to the result of research could be concluded that learning by using the audio-visual filmstrip media more effective than conventional learning to increase studying result on archival learning of system numerical for class XI office adminstration at Vocational Administration 1 Demak.

Article Details

How to Cite
Prihatanti, A., S. Martono, S. M., & Ismiyati, I. (2012). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL FILMSTRIP DALAM PEMBELAJARAN KEARSIPAN MATERI SISTEM NOMOR. Economic Education Analysis Journal, 1(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/717
Section
Articles

References

Anni, Catharina, Tri dan RC, Rifa’I, Achmad. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang:Unnes Press.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 20011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baharuddin, H dan Wahyuni, Esa, Nur. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruz Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2004. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: DIVA Press.

Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan NonTes. Jogjakarta:Mitra Cendekia.

Sadiman, Arief, S, dkk. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Bandung: PT Sinar Baru Algesindo.

Sugandi, A. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT Unnes Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.