ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK N 1 PEMALANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan ialah menghasilkan lulusan yang siap kerja dan dapat mengembangkan sikap profesional. Namun, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan belum seluruhnya dapat terjun dalam dunia kerja. Pemasalahan dalam skripsi ini yaitu faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja (studi kasus pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran) di SMK Negeri 1 Pemalang dan faktor apa yang paling dominan pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Pemalang.
Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis faktor-faktor kesiapan kerja dan untuk mengetahui faktor-faktor kesiapan kerja yang dominan. yang dialami siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Pemalang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 variabel mereduksi menjadi 17 variabel yang mengelompok menjadi 3 (tiga) faktor yaitu : 1) Potensi yang dimiliki oleh anak/siswa memberikan kontribusi sebesar 45,621% terhadap kesiapan kerja, variabel pembentuk antara lain: variabel Motivasi Belajar, Kondisi Ekonomi Keluarga, Ekspektasi Masuk Dunia Kerja, Pengetahuan dan Wawasan, Kecerdasan, Sikap, Sifat-sifat Pribadi. 2) Faktor Kepribadian Siswa memberikan kontribusi sebesar 13,654% terhadap kesiapan kerja, variabel pembentuk antara lain: variabel Kondisi Fisik, mental, dan emosional, Kebutuhan, motif dan tujuan, Kecakapan, Bakat, Minat, Nilai-nilai Kehidupan. 3) Faktor Sekolah dan On The Job Trainning (OJT) memberikan kontribusi sebesar 8,419% terhadap kesiapan kerja, variabel pembentuk antara lain: variabel Pengalaman Praktik Luar/Magang, Bimbingan Vokasional, Prestasi Belajar sebelumnya, Informasi Perkerjaan. Ketiga faktor tersebut memberikan kontribusi sebesar 67,69% terhadap kesiapan kerja dan selebihnya sebesar 32.31% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor kesiapan kerja yang dominan yaitu Faktor Potensi yang dimiliki oleh siswa dilihat dari besarnya kontribusi yang diberikan sebesar 45,621% terhadap kesiapan kerja.
Vocational High School goal is to produce graduates who are ready to work and can develope a professional attitude. However, a graduate of Vocational High School has not been entirely able to go into the world of work. Things are in this final project are the factors that can affect the readiness of the work (case studies in class XI student office administration skills program) at SMK Negeri 1 Pemalang and what is the most dominant factor in class XI student office administration skills program at SMK Negeri 1 Pemalang. The research objective is to analyze the factors of work and readiness to learn job readiness factors are dominant. XI grade students experienced office administration skills program at SMK Negeri 1 Pemalang. The results showed that of 18 variables reduced to 17 variables are grouped into 3 (three) factors: 1) potential possessed by the child / student accounts for 45.621% of the work readiness, forming among other variables: the variable Motivation, Economic Conditions Families, Expectations Get the World of Work, Knowledge and insight, intelligence, attitude, Private properties. 2) Student personality factors contributed 13.654% of job readiness, forming among other variables: the variables Physical, mental, and emotional needs, motives and goals, skills, talents, interests, values life. 3) School Factors and Trainning On The Job (OJT) accounts for 8.419% of job readiness, forming among other variables: the variable Foreign Practice Experience / Internship, Vocational Guidance, earlier Learning Achievement, The work information. The third factor accounts for 67.69% of the readiness for work and rest 32.31% is explained by other factors not examined in this study. The dominant factor is the work readiness potential factors that are owned by the students' views of the magnitude of the contribution made by 45.621% of job readiness. It is suggested that schools should be able to take advantage of learning facilities.
Article Details
References
Ghazali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : BP.UNDIP.
Soenarya, Endang. 2000. Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.
Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana Syaodih; Jami’at, Ayi Novi; Ahman. 2008. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (konsep, prinsip, dan Instrumen). Bandung : PT. Refika Aditama.
Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Jakarta : Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta : CV. Rajawali.
Yusuf A, Muri. 2002. Kiat Sukses Dalam Karier. Ghalia Indonesia.