PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil pada kompetensi dasar memelihara peralatan kantor, setelah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran think pair share. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK YPPM Boja. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan hasil belajar siswa pada post test meningkat hingga mencapai ketuntasan klasikal 66,67% dengan rata-rata nilai 72,45. Kemudian pada siklus II ketuntasan klasikal mengalami peningkatan menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata siswa 77,45 sehingga peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16,67%. Pembelajaran dengan model pembelajaran think pair share mendapat respon baik dari siswa pada siklus I sebesar 77,5% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas X AP SMK YPPM Boja pada kompetensi dasar memelihara peralatan kantor dengan model pembelajaran think pair share.
This study aims to determine whether there is an increase in learning outcomes of administration on the subject of adjusting entries, having done research with the collaboration of a class action use method of think pair share. Subyek think this study is the students' high school grade X AP SMK YPPM Boja. The results obtained student learning outcomes through before the action reaches 66,67% classical completeness with the average value 0f 72,45 in once siklus. After the students' actions in second siklus on the post test increased to 83,33% with the classical completeness the average value of 77,45. Resulting in an increase of 16,67%. Collaborative learning with the method of think pair share received good response from students with average percentage of responses 77,5% in first siklus and increased to 90% in second siklus. Based on the results of the study concluded that there was an increase in students' social studies class X AP on the subject of an adjusting entry through with the method of think pair share.
Article Details
References
Suharsimi, Arikunto 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosdakarya
Munib, Achmad. 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.
Nurman, 2009. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). http//nurman.wordpress.com/2009/12/14/uambn/. (22 Januari 2012)
Tri Anni, Chatarina dkk, 2007. Psikologi Belajar. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.