PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN II DI SMKN 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014-2015

Main Article Content

Indri Giriyanti
Nina Oktarina

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dua hal. Pertama, Ada tidaknya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas X AP II di SMK N 9 Semarang tahun ajaran 2014-2015 setelah penerapan metode pembelajaran mind mapping. Kedua, ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa kelas X AP II di SMK N 9 Semarang tahun ajaran 2014-2015 setelah penerapan metode pembelajaran mind mapping. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran II di SMK Negeri 9 Semarang yang terdiri dari 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan tes. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata keaktifan siswa sebesar  63,50% yang tergolong dalam kategori aktif, sedangkan rata – rata hasil belajar siswa mencapai 7,23 dengan ketuntasan klasikal 58,06%. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata keaktifan siswa sebesar 75,9% dengan kategori aktif. Sedangkan untuk hasil belajar didapati rata-rata 7,64 dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,42%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran. Saran yang diberikan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas adalah dengan cara siswa diminta lebih sering mengajukan pertanyaan dan sanggahan pada saat presentasi kelompok berlangsung.

The aim of research is to discover two things. First, the increase of learning activity of student X AP II in SMK N 9 Semarang year of study 2014-2015 after implementation of mind mapping learning method. Second, the increase of study result of student X AP II in SMK N 9 Semarang year of study 2014-2015 after implementation of mind mapping learning method. The subject of this research are student of 10th Office Administration II in SMK Negeri 9 Semarang which consist of 31 student. The data collection method in this research are observation method, documentation, and test. The data analysis method of this research are class action research analysis.The result of research on cycle I showed average of student activity was 63,50% which categorized in active, while average of study result get in 7,23 and classical grades was 58,06%. The research on cycle II showed average of student activity 75,9% with category active. While average study result was 7,64 and classical grade was 77,42%. Based on research, we can conclude there are any improvement of activity and study result of student in archived subject competence standard of understanding tools and archived materials by implement mind mapping learning method. The suggestion to improve activity and study result in class by ask student to be more often formulated question and rebuttal while group presentation held.

Article Details

How to Cite
Giriyanti, I., & Oktarina, N. (2015). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN II DI SMKN 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014-2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8476
Section
Articles

References

Anni, Tri Catharina, dan A, Rifa’i. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang : Unnes Press

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Buzan, Tony. (2004) . Mind Map untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Daryanto, 2011. Peneltian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang-Depdiknas.

De Porter, Bobbi.2002. Quantum Teaching.Boston: Allyn Bacon

Endang, Sri, Mulyani, Suyetti. 2009. Modul Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartati, Yumi. 2012. Penerapan Metode Mind Mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII C SMP N 4 Wonosari. Dalam Jounal Students UNY Vol 1. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodus dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperative : Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Lestari, Ayu.2013. Peningkatan Aktivitias dan Hasil Belajar Siswa kelas VIII 1 SMP N 3 Ungaran Melalui Strategi Belajar PQ4R Dengan Teknik Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. SKRIPSI. Semarang : UNNES PRESS

Mulyono, dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Mulyono, Sularso, dkk. 2012. Manajemen Kearsipan. Semarang : UNNES PRESS

Ningsih, R. W, dkk. 2013. Pengaruh Penggunaan Teknik Mencatat Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik. Lampung : Universitas Lampung

Poerwadarminta. W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai. Pustaka

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012, Pengembangan Sistem Pembelajaran. Semarang : IKIP PGRI Semarang Press.

Sriyono. 1992. Teknik belajar mengajar dalam CBSA. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Supardi, Suhardjono, Suharsimi A. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Sudjana. 2009. Metode Statistika. Bandung:PT Tarsito