MINAT BACA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAAAN FAKULTAS EKONOMI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP NEGERI SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Pelayanan Perpustakaan dan Lingkungan Sosial merupakan faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa. Dari hasil observasi, ternyata minat baca mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang masih rendah yang dibuktikan dengan laporan kunjungan mahasiswa di perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang pada semester genap tahun 2013 dan 2014. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh pelayanan perpustakaan dan lingkungan sosial terhadap minat baca mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, seberapa besar pengaruh pelayanan perpustakaan dan lingkungan sosial terhadap minat baca mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi yang berjumlah 4030 mahasiswa, jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sebanyak 98 responden. teknik pengambilan sampel menggunakan Stratifield Proportional random sampling. Metode analisis data menggunakan deskipsi presentase, regresi berganda, uji F, uji t, koefisien determinasi simultan (R2) dan koefisien determinasi parsial (r2). Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif baik secara parsial maupun simultan pelayanan perpustakaan dan lingkungan sosial terhadap minat baca mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah sebaiknya petugas perpustakaan di Fakultas Ekonomi untuk menambah jumlah petugas perpustakaan dan menambah jumlah koleksi buku terutama koleksi buku pelajaran kuliah agar pelayanan menjadi lebih cepat dan mudah serta menarik mahasiswa untuk berkunjung ke perpustakaan sehingga minat baca mahasiswa akan lebih meningkat lagi. Melihat kondisi lingkungan sosial yang kondusif, alangkah baiknya mahasiswa meluangkan waktunya untuk kegiatan membaca selain kegiatan belajar yang lain.
Library service and social environment are factor that effect students reading interest. The result of the observation indicated that reading interest of economic faculty students in Semarang state university in even semester in 2013 and 2014. The statements of the purpose were: is there any effect of the library service and social environment toward reading interest of Economic Faculty students in Semarang state university, How much does the effect of library service and social environment toward reading interest of economic faculty students in Semarang state university. The population of this research was 4030 students of economic faculty, the sample of this research was determined by using Slovin formula and there were 98 respondents. The technique for taking the sample was using Stratifield Proportional random sampling. the method of analysis the data was presentation description, double regression, F test, T test, simultaneous determination coefficient (R2), and partial determination simultaneous (r2). The conclusion of this research, there was a positive effect either partially or simultaneously of the library service and social environment toward students reading interest in economic faculty Semarang state university. This research suggests that the librarian should add the number of librarian and book collection especially course book in order to give fast and easy service and the students are also interested to visit the library, so students reading interest will increase more. The students are expected to use their free time for reading activity beside the other learning activity if the condition of social environment is conducive.
Â
Article Details
References
Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irmawati, Lili. 2012. “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Tarhadap Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunem Kebupaten Rembangâ€. Skripsi, Semarang: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Laksana, Fajar. 2008. Manajeman Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lestiani, Lili. 2012. “Pengaruh Fasilitas Perpustakaandan Kualitas Pelayanan Tehadap Minat Baca SMA Negeri 1 Warurejoâ€. Skripsi, Semarang: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Nurbianti, Enny. 2009. “Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Fasilitas Perpustakaan dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat Baca Siswa SMK N 2 Bloraâ€. Skripsi, Semarang: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Prastowo, Andi. 2012. Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).
Prawira, Purwa Atmaja. 2014. Psikologi Umun Dengan Perspektif Baru. Jogjakarta: AZ-RUZZ MEDIA.
Purba, Jonny. 2005. Pengelolaan Lingkungan Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sutarno, NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: CV. Sagung Seto.
. 2006. Manajemen Perpustakaan (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: CV. Sagung Seto.
Suwarno, Wiji. 2007. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan (Sebuah Pendekatan Praktis). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Tampubolon, DP. 1987. Kemampuan Membaca (Teknik Membaca Efektif dan Efisien). Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umar, Husen. 2003. Metode Riset Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.