PERSEPSI TENTANG PROFIL KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI

Main Article Content

Amrina Bastian Rahmah
Amir Mahmud

Abstract

Tujuan utama SMK adalah menyiapkan siswa untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap profesional. Tercapainya tujuan ini dapat dilihat dari keterserapan lulusan di lapangan kerja. Keterserapan lulusan di lapangan kerja ditentukan oleh kesesuaian kompetensi yang dimiliki lulusan dengan yang dibutuhkan dunia usaha/industri. Hasil observasi awal pada SMK Negeri di Kecamatan Wonosobo, program keahlian akuntansi, diperoleh data bahwa tahun 2014 persentase lulusan yang bekerja hanya sebesar 37,3% dan yang menganggur 19%. Hal tersebut menunjukkan tujuan SMK Negeri di Kecamatan Wonosobo belum sepenuhnya terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan antara persepsi siswa kelas XII program keahlian akuntansi dengan persepsi dunia usaha/industri  dan antara siswa kelas X dengan siswa kelas X program keahlian akuntansi tentang profil kompetensi lulusan program keahlian akuntansi. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain kausal komparatif. Sampel penelitian diambil dengan teknik Proportionate Random Sampling dan Purpposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan pengujian validitas menggunakan Pearson Correlation Product Moment dan pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Independent Sample t-Test. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara persepsi siswa kelas XII program keahlian akuntansi dengan persepsi dunia usaha industri dan antara persepsi siswa kelas XII dengan siswa kelas X program keahlian akuntansi tentang profil kompetensi lulusan program keahlian akuntansi.  Perbedaan ini disebabkan karena perbedaan lingkungan.

The aim of SMK is to prepare its graduates become labor in accordance with the needs of the business / industry on the field, and to be entrepreneurs. SMK purpose can be realized if its graduates are competent in accordance with what is required by the business / industry. Based on preliminary observations on the SMK Negeri in the District of Wonosobo, shows that percentage of graduates who work at 37.3%. This means that the aim in particular vocational program accounting expertise is still not fully realized.The aim research to analyze whether there is a difference between the perception of class XII students and the business industry, then to analyze whether there is a difference between the perception of class XII students and class X students. This research method is a quantitative with causal comparatives desain. The sampling technique used is Proportionate Random Sampling and Purposive Sampling. Testing the validity of the instrument using the Pearson Product Moment Correlation and reliability testing instrument using Cronbach's Alpha. The Analyze technique used is Independent Sample t-Test. The results show that there is a difference between the perception of students of class XII program accounting expertise to the perception of the business / industry and there is also a difference between the perception of class X to XII grade students of SMK program accounting.

Article Details

How to Cite
Rahmah, A., & Mahmud, A. (2015). PERSEPSI TENTANG PROFIL KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI. Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8517
Section
Articles

References

Dalyono, 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rakhmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Rivai, Veitzhal. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi offset

Kavanagh, Marie H. Dan Lyndal Drennan. 2008. What Skills and Attributes does an Accounting Graduate need? Evidence from Student Perceptions and Employer Expectations. Accounting and Finance No.48 Hal. 279-300. Diperoleh dari http://eprints.usq.edu.au/4540/

Nursanti, Anita Putri, Ngadiman dan Nurhasan Hamidi. 2013. Persepsi Stakeholders terhadap Kompetensi Siswa Peserta Praktik Kerja Industri Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta. Jupe UNS Volume 1 No.1 Hal. 1-11. Diperoleh dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2121

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang
Standae Isis Pendidikan Dasar dan Menengah. Diperoleh dari

http://ftp.unm.ac.id/permendiknas2006/Nomor%2022%20Tahun%202006.pdf

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Kejuruan. Diperoleh dari http://jabar.kemenag.go.id/file/file/ProdukHukum/wnmd1401767965.pdf.

Robbins, Stephen P. Dan Judge, Timothy A. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Rifa’i dan Catharina Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Singh, Gurvinder Kaur Gurcharan dan Sharan Kaur Garib Singh. 2008. Malaysian Graduate’s Employability Skill. Unitar e-journal Volume 4 No.1 Hal. 15-45. Diperoleh dari
http://repository.um.edu.my/66328/1/UNITAR%20EJOURNAL_Gurvinder%20%26%20Sharan.pdf

Sutomo dan Prihatin, Titi. 2012. Manajemen Sekolah. Semarang: Unnes Press

Tempone, dkk. 2012. Desirable Generic Attributes for Accounting Graduates Into The Twenty-First Century: The Views of Employers.Accounting Research Journal Volume 25 No.1 Hal. 41-55. Diperoleh dari www.emeraldinsight.com/doi/pdf/10.1108/10309611211244519

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://hukumonline.com diunduh pada 30 Desember 2014.

Yu, Shaokun (Carol), Natalie Tatiana Churyk dan Amy (Chun-Chia) Chang. 2013. Are Students Ready for Their Future Accounting Careers? Insights from Observed Perception Gap Among Emlpoyers, Interns, and Alumni. Global Perspective on Accounting Education Volume 10 No.1 Hal 1-15. Diperoleh dari http://gpae.bryant.edu/~gpae/Vol10/Preparing%20Students%20for%20Their%20Future%20Accounting%20Careers.pdf