PERAN SELF-REGULATED LEARNING DALAM MEMODERASI PENGGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KOMPUTERSISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 KENDAL

Main Article Content

Elsa Puspasari
Agus Wahyudin

Abstract

Prestasi belajar komputer akuntansi siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor.Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar akuntansi adalah lingkungan teman sebaya, media sosial dan Self-Regulated Learning.Masalah dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa prestasi belajar komputer akuntansi siswa kelas XI kompetensi keahlian akuntansi SMK N 1 Kendal tergolong rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran dari Self-Regulated Learning yang menjadi memoderasi pengaruh lingkungan teman sebaya dan media sosial dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi komputer siswa kelas XI kompetensi keahlian akuntansi SMK N 1 Kendal. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK N 1 Kendalkelas XI kompetensi keahlian akuntansi tahun ajaran 2014/2015.Jumlah sampel sebanyak 84 siswa yang merupakan sampel proportional random sampling.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi dan kuesioner atau angket.Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan uji nilai selisih mutlak. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan teman sebaya, media sosial dan Self-Regulated Learning masuk dalam kriteria cukup dan prestasi belajar komputer akuntansi masuk dalam kriteria rendah.

Students’ learning achievement in computer accountingwas effected by many factors. In this study, the factors which were suspected, could effect the accounting learning achievement were peer environment, social media, and self regulated learning. Based on the results of this study at the beginning, the research problem was the students’ accounting computer learning achievement at eleventh grade of accounting competence skill in SMK N 1 Kendal was low. This study aimed at knowing the effect of peer environment, social media, the use of regulated learning in moderating the effects of peer environment, social media on the students’ accounting computer achievement at eleventh grade in accounting in SMK N 1 Kendal. The population in this study was eleventh grade students in accounting competence skill in academic year 2014/2015. The number of the sample was 84 students. They were proportional random sampling sample. The methods that were used in collecting data were documentation and questionnaire. The analytical methods that were used were descriptive analysis techniques and absolute differencevalue test. The descriptive analysis showed that peer environment, social media, self regulated learning were enough. And the students accounting computer learning achievement was low.

Article Details

How to Cite
Puspasari, E., & Wahyudin, A. (2015). PERAN SELF-REGULATED LEARNING DALAM MEMODERASI PENGGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KOMPUTERSISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK N 1 KENDAL. Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8519
Section
Articles

References

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press

Kalral, Raj Kumari & Preeti. 2013. Effect Of Sosial Networking Site On Academic Achievement Among Introvets And Extrovets. India : Demeed University. Dalam Jurnal Faculty of Education, 2013, Vol. 2, No. 3. ISSN: 2186-8492, ISSN:2186-8484. Diunduh pada tanggal 2 Februari. www.leena-luna.co.jp

Khairani, Makmun. 2014. Psikolgi Belajar. Yogjakarta:Aswaja Pressindo.

Montavlo, F.t. & Torres, M. C. G. (2004). Self-regulated learning: current & future directions, electronics journal of research in Educational Psychology, 2(1), 1-34, IISN; 1698-2095.

Naima. 2009. Pengaruh self regulated learning terhadap prestasi akademik siswa akselerasi tingkat SMP. Universitas Muhammadiyah Malang.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Puspitasari, Anindita. 2010. Blog dan Media Sosial. Jakarta : Acer Indonesia&dagdigdug.com

Rifa’i,Achmad&Chatarina Tri Anni. 2012. Psikologi pendidikan. Semarang : UNNES PRESS.

Samuel, Adenubiand other. 2013. Online Sosial Networking and the Academic Achievement of University Students – The experience of selected Nigerian Universities. Dalam Jurnal Information and Knowledge Management, vol.3, No.5. Diunduh tanggal 30 Januari 2015.

Saputro, Singgih Tego&Pardiman. 2012. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2012, Vol. X, No. 1, 78-97. Diunduh pada tanggal 30 januari 2015.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta : PT Indeks.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin.2007.Psikologi Belajar.jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Tu’u Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Grasindo.

Vembriarto. 2003. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana.

Wahyuni, Esa Nur dan Baharuddin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA.