PENGARUH SELF REGULATED LEARNING LINGKUNGAN KELUARGA, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI SMK PL TARCISIUS SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Article Content
Abstract
Hasil belajar pengantar akuntansi dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh self regulated learning, lingkungan keluarga, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X Akuntansi SMK PL Tarcisius Semarang secara simultan maupun parsial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh self regulated learning, lingkungan keluarga, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X akuntansi SMK PL tarcisius semarang secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK PL Tarcisius Semarang sebanyak 148 siswa, dan sampel sebanyak 108 siswa yang dilihat dari rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel terikat yaitu hasil belajar pengantar akuntansi (Y), variabel bebas yaitu lingkungan sekolah (X1), lingkungan keluarga (X2) dan disipin belajar (X3). Pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan angket. Pengolahan data dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan self regulated learning, lingkungan keluarga, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi. Secara partial ada pengaruh positif dan signifikan self regulated learning terhadap hasil belajar pengantar akuntansi, ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pengantar akuntansi, ada pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi.
Introduction of learning outcomes accounting is influenced by various factors both internal factors and external factors. Issues examined in this study was the influence of self-regulated learning, family environment, and the discipline of learning to the student learning outcomes in subjects introductory accounting class X SMK Accounting PL Tarcisius Semarang simultaneously or partially. The aim in this study was to describe the influence of self-regulated learning, family environment, and the discipline of learning to the learning outcomes of students in introductory accounting courses accounting class X SMK PL Tarcisius semarang simultaneously or partially. The population was class X SMK PL Tarcisius Semarang Accounting 148 students, and a sample of 108 students were seen from the formula Slovin and sampling techniques with proportional random sampling. The variables in this study include the dependent variable is the result of learning introductory accounting (Y), the independent variables are the school environment (X1), family environment (X2) and disipin learning (X3). Data collection methods and questionnaire documentation. Processing the data with descriptive analysis and inferential statistical analysis. Simultaneously there is a positive and significant effect of self-regulated learning, family environment, and the discipline of learning to the learning outcomes of students in introductory accounting subjects. No partial positive and significant influence self-regulated learning on learning outcomes of introductory accounting, there is a positive and significant influence of family environment on learning outcomes introductory accounting, there is a positive and significant impact on learning outcomes of learning discipline introductory accounting.
Article Details
References
Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan (Komponen MKDK). Jakarta: Rineka Cipta.
Kurniati, Hesti. Pengaruh Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi/Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi:Universitas Negeri Semarang. Diunduh pada tanggal 25 Februari 2015.
Montavlo, F.t. dan Torres, M. C. G. 2004. Self-regulated learning: current & future directions, electronics journal of research in Educational Psychology, 2(1), 1-34, IISN; 1698-2095.
Mulyasa, E. 2009a. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
,2009b. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naima. 2009. pengaruh self regulated learning terhadap prestasi akademik siswa akselerasi tingkat smp. Universitas Muhammadiyah Malang.
Pangestuti, Dyah Ajeng.2012. Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Dagang pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Sultan Fattah Demak Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi:Universitas Negeri Semarang. Diunduh pada tanggal 25 Februari 2015.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 Tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013. Jakarta.
Rifa’i, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2012. Psikologi pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilakudan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grafindo.
Undang-undang Republik indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta.