PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2013
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi awal pada mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang, diketahui bahwa masih terdapat beberapa masalah pada motivasi belajar mahasiswa. Motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh keterampilan mengajar dosen dan lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2013 yang berjumlah 187 mahasiswa. Sampel yang digunakansejumlah 128 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan keterampilan mengajar dosen dan lingkungan kampus berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Keterampilan mengajar dosen dan lingkungan kampus berpengaruh sebesar 33,6% secara simultan. Keterampilan mengajar dosen berpengaruhsebesar 10,95% dan lingkungan kampus berpengaruh sebesar 6,35%. Kesimpulan penelitian berupa keterampilan mengajar dosen dan lingkungan kampus berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa berdasarkan analisis parsial dan simultan. Saran yang diajukan (1) Diharapkan pada dosen hendaknya dosen lebih meningkatkan setiap aspek keterampilan mengajarnya (2) Perguruan tinggi hendaknya lebih memperhatikan kondisi lingkungan kampus (3) Interaksi antara mahasiswa dengan dosenharus dijalin dengan baik (4) Peneliti selanjutnya disarankan dapat mengambil sampel dengan populasi berbeda dengan motivasi belajar yang spesifik pada mata kuliah tertentu saja. Ataupun dengan menambah ruang lingkup penelitian sehingga hasil yang didapat lebih akurat.
Based on initial observation on the students of Accounting Education Program on Semarang State University in the academic year of 2013, it is known that there are still some problems in student learning motivation. Student learning motivation is influenced by several factors. The problem in this research is there any influence teaching skills of faculty and campus environment for students learning motivation of Accounting Education program at Semarang State University academic year of 2013. The population in this research were students of Accounting Education Program on Semarang State University in the academic year of 2013 , that there were 187 students. The sample used are 128 students. Method of data collection of this researchis questionnaire. Methods of analysis data of this research is descriptive statistical analysis and multiple regression analysis. The result of the research show that lecture’s skill to teach and campus environment have positive influence and significant to student’s motivation to study. Lecture’s skill and campus environment has influence 33,6% simultaneously. Lecture’s skill influence 10.95% and campus environment 6,35%. The summaries of this research are lecture’s skill to teach and campus environment gives influence to student’s motivation to study based on partial analysis and stimulant analysis. There are some suggestions (1) lecture should increase all of aspects skill to teach (2) for University should more respect about condition of campus environment (3) interaction between students and the lecture mustbe bound well (4) to next researcher, can get sample from another population with study motivation more specific in another subject. Or give addition scope of the study so the result of study is more accurate.
Â
Article Details
References
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ginting, cipta. 2003. Kiat Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.
Griffin, Darrin J., San. Bolkan, dan Alan, K. Goodboy. Teacher Leadership and Intellectual Stimulation : Improving Student’s Approaches To Studying Throught Intrinsic
Motivation, California: Eastern Communication Association, 2011.
Hamalik, O. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hastuti N, Firmanto A, Veryco dan Sugiarto, Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa, Universitas Pelita Harapan Surabaya, 2010.
Khafid,Muhammad, Faktor–faktor yang mempengaruhi ketuntasan belajar akuntansi : motivasi belajar sebagai variabel intervening, Madrasah Aliyah(MA) YASPIA Grobogan, 2008.
Levy, S., dan Campbell, H. (2008). Students Motivation: Premise, Effective Practice and Policy. Australian Journal of Teacher Education, 33(5).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendektan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suwarno, Wiji. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjak