PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI DENGAN METODE PEMBELAJARAN DRILL MELALUI TYPING MASTER DAN MS. WORD BERBANTUAN MEDIA JOB SHEET PADA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN 1 SMK NEGERI 2 SEMARANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengetik 10 jari siswa kelas X AP 1 SMKN 2 Semarang dengan penerapan metode pembelajaran drill melalui Typing Master dan Ms. Word berbantuan media job sheet. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah keterampilan mengetik 10 jari siswa yang meliputi aspek kecepatan, ketepatan dan kerapihan. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen non tes (observasi). Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan mengetik 10 jari dengan penerapan metode pembelajaran drill melalui typing master dan Ms. Word berbantuan media job sheet pada kelas X AP 1. Tingkat keterampilan mengetik 10 jari siswa pada siklus I berada pada rata-rata skor 15,44 (kurang terampil) dengan ketuntasan hasil belajar 61%, pada siklus II skor rata-ratanya meningkat menjadi 17,75 (cukup terampil) dengan ketuntasan hasil belajar 72% kemudian pada siklus III skor rata-ratanya meningkat lagi menjadi 20,78 (terampil) dengan ketuntasan hasil belajar 89%.
The purpose of this study was to determine the ten-finger typing skills improvement of class X AP 1 SMKN 2 Semarang in application of drill learning methods through Typing Master and Ms. Word media-aided job sheet. The examined factor in this study is a ten-finger typing skills of students which include aspects of net speed, accuracy and neatness. The study’s design consisted of three cycles each cycle includes planning, implementation, observation, and reflection. Data collection method in this study is documentation, observation and tests. The instrument used was the instrument test and non-test instrument (observation). The data analysis in this study was using descriptive method percentage. The results showed there is ten-finger typing skills improvement with drill learning methods through Typing Master and Ms. Word media-aided job sheet on the class X AP 1. Level of ten fingers typing skills of students in the first cycle is at an average score of 15.44 (less skilled) with mastery learning outcomes 61%, in the second cycle the average score increased to 17.75 (quite skilled) with 72% mastery learning outcomes later in the third cycle the average score increased to 20.78 (skilled) with mastery learning outcomes 89%
Article Details
References
Djamarah, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djanewar dan Sudarmin. 1999. Mengetik SMK Jilid I. Jakarta: Armico.
Marimin. Sularso dan Agung Kuswantoro. 2012. Keyboarding dengan Sistem 10 Jari. Semarang: Unnes Press.
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setyaningsih, Lina Hartini. 2014. Peningkatan Keterampilan Mengetik Sistem 10 Jari Buta dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Berbantu Media Typing Master Pada Siswa Kelas X AP SMK Muhammadiyah 01 Pati. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Uno, Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara