PENGARUH SARANA PRASARANA BUSINESS CENTER DAN LINGKUNGAN KELUARGA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI SMK NU BANDAR KABUPATEN BATANG TAHUN 2015
Main Article Content
Abstract
Dalam pengembangan kewirausahaan dilingkungan SMK diperlukan penanaman minat berwirausaha pada diri siswa. Upaya itu adanya proses pembelajaran kewirausahaan dan juga adanya pendirian business center yang bisa digunakan siswa untuk melakukan kegiataan kewirausahaan. Selain itu, faktor dari luar selain lingkungan sekolah, lingkungan keluarga pun sangat mempengaruhi. Permasalah penelitian ini adalah adakah pengaruh langsung dan tidak langsung sarana prasarana business center, lingkungan keluarga dan proses pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK NU Bandar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung sarana prasarana business center, lingkungan keluarga dan proses pembelajaran kewirausahaan terhadapminat berwirausaha siswa kelas XI SMK NU. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK NU Bandar sebanyak 357 siswa. Ukuran pengambilan sampel ini menggunakan metode proportional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 78 orang. Metode pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis jalur secara simultan (uji F) dan parsial (Uji t) pada signifikan 5%. Simpulan dalam penelitian ini ada pengaruh langsung dan tidak langsung secara simultan dan parsial business center,lingkungan keluarga melalui proses pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Saran dalam penelitian ini guru mata diklat kewirausahaan diharapkan memberikan studi kasus yang berhubungan dengan materi pengambilan keputusan yang lebih banyak sehinga siswa lebih memahami tentang pengambilan keputusan dan usaha yang dilakukan siswa dapat dengan memperbanyak membaca biografi wirausahaan yang sukses.
The developing of entrepreneurship in the Senior High School is needed for growing interest entrepreneur from the student.It is process of learning entrepreneurship and growing business center that can be use for doing entrepreneurship activity for student. Beside, factor from school, family is very important too it can influence in entrepreneurship activity. The problem in this research is there and indirect influence from business center infrastructure, family support and learning enterpreneurship process with interest entrepreneurship of eleventh grade of SMK NU Bandar’s student. This research is purposed to know direct and inderct influence of business center infrastructure, family support and learning entrepeneurship process with interest entrepreneurship of eleventh grade of SMK NU Bandar’s student. Population in this research are all of eleventh grade of SMK NU Bandar’s student it is 357 students. This sample use proportional random sampling metode and it gets 78 student for sample. The data removal metode uses polling and documenation. Data analisis uses†analisis regresi linier berganda with hipotesis test with simultan (F test ) and partial ( t test) in 5% significant. The result from this research is there are direct and indirect influence according simultan and partial business center, family support through learning process with student’s interest entrepreneurship. Suggestion in this research is the teacher’s entrepreneurship is expected to give more example “study kasus†related with decision interpetation subject,so the student can be more understand about decision interpetation and the effort that the student can be do with reading more about biography of success’s entrepreneur.
Article Details
References
Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Alma,Buchari . (2009). Kewirausahaan. Bandung. Alfabeta
___________. (2012). Pengantar Bisnis.Bandung: Alfabeta
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kemendiknas. 2012.†Mata Pelajaran Kewirausahaan untuk Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) / Madrasah Aliyah Kejurusan (MAK) “
Nugraha,Adi, 2012 . Kajian Model Bisnis Center Di SMK Dalam Mendukung Pengembangan Entrepreneur Muda Indonesia. http://staff.uny.ac.id/sites/default/file/KAJIAN%20MODEL%20BISNIS%20CENTER%20DI%20SMK%20DALAM%20MENDUKUNG%20PENGEMBANGAN%20ENTREPRENEUR%20MUDA%20INDONESIA%20.pdf.(27 februari 2014)
Pedoman Business Center. 2010. Pedoman Pengelolaam Business Center SMK Jawa Tengah. Semarang : Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah
Slameto. 2010 . Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sofiani, Ani. 2013.†Pengaruh Mata Diklat Kewiraushaan dan Business Center Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMKN 2 Pekalongan Tahun 2012/2013â€. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi UNNES
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2010. Metode penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D ). Bandung : Alfabeta
Suryana. 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat