PENGARUH MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGREJA PURBALINGGA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII SMP Negeri 1 Karangreja Purbalingga secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 209 siswa dan sampel berjumlah 137 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil dari analisis regresi ganda penelitian ini yaitu Y = 31,666 + 0,401X1+ 0,170 X2 + e. Ada pengaruh secara simultan sebesar 54,5%, sedangkan pengaruh secara parsial motivasi sebesar 38%, dan fasilitas belajar sebesar 4,4%.
The purpose of this research is to find out whether is there any influence of motivation and learning facilities to student learning outcomes subject Economic IPS of class VIII SMP Negeri 1 Karangreja Purbalingga either simultaneously or partially. The population in this research were student of class VIII totaling 209 student and the sampling totaling 137 student. The data was collected using observation, questioner, and documentation. The data analysis technique used in this research was descriptive analysis and multiple regression analysis. The result of the multiple regression analysis is Y = 31,666 + 0,401X1+ 0,170 X2 + e. There is a simultaneously influence as much as 54,5%, whereas partially the influence of readiness to learn as much as 38%, and learning facilities 4,4%.
Article Details
References
Cool, Eva Et All. 2014. The Impact of Student Style Differences and Motivation on Learning Outcomes in Management Education: An International Inquiry. Reflecting Education, Vol. 9 No. 2. UCL Institute of
Education, University College London.
Djamarah, Syaiful B. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
------ dan Zain, Aswan. 2006. StrategiBelajarMengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gie, The Liang. 2002. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.
Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdaasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mappeasse, M. Yusuf. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, Volume 1, No. 2. Universitas Negeri Malang.
Nasution, S. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Rifa’I, Ahmad dan Anni, Catharina T. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang : Pusat Pengembangan MKU-MKDK UNNES.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Sardiman, A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sihotang, dkk. 2014. Pengaruh Motivasi dan Ketersediaan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Evaluasi Ekobis, Volome 2, No. 1. Universitas Lampung.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendekatan. Bandung : Rosdakarya.
Tella, Adedeji. 2007. The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Sciense& Technology Education, Vol. 3 No. 2 149-159.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentangTujuan PendidikanNasional Bab II Pasal 3. (diunduh pada tanggal 20 Maret 2015).
Usman, M. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.