PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KESESUAIAN KEBUTUHAN TERHADAP KEBERHASILAN UNIT USAHA TOKO KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2014
Main Article Content
Abstract
Keberhasilan toko sebagai unit usaha koperasi yang merupakan salah satu jenis ritel adalah prestasi dalam meningkatkan kegiatan berbisnis dan pencapaian tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1322 orang. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Proportional Random Sampling dengan sampel 93 anggota. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian dari analisis deskriptif adalah kualitas pelayanan termasuk dalam kriteria memuaskan dengan skor rata-rata 24,77 atau 65,18%, kesesuaian kebutuhan anggota baik dengan skor rata-rata 20,83 atau 71,86% dan keberhasilan unit usaha toko kurang tinggi dengan skor rata-rata 14,34 atau 62,35%. Secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan kesesuaian kebutuhan terhadap keberhasilan unit usaha toko dengan kontribusi sebesar 25,4%. Sedangkan secara parsial terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keberhasilan unit usaha toko dengan t hitung 3,477 dan terdapat pengaruh kesesuaian kebutuhan terhadap keberhasilan unit usaha toko dengan t hitung 3,503.
The success store as a business unit which is one type of a retail is an achievement in improving the business activities and the achievement of the goal to improve the welfare of members and communities. The population in this study amounted to 1322 people. The sampling technique is proportional random sampling technique with a sample of 93 members. The independent variable of this study is the service quality and needs compliance, while dependent variable is the success of business unit store The method used to collect data is questionnaire method and documentation. While the data analysis method used is the description analysis, the classical assumption test and multiple linear regression with SPSS. The results of the description analysis is the service quality included in the criteria are satisfy with average score of 24,77 or 65,18%, the needs compliance of members is good with average score of 20,83 or 71,86% and the success of business unit store is less in heigh with average score of 14,34 or 62,35%. Simultaneously there is significant influence between service quality and needs compliance to the success of business unit store with a contribution of 25,4%. Partially there is the influence of service quality to the success of business unit store with the t arithmetic 3.477 and there is the influence of needs compliance to the success of business unit store with t arithmetic 3.503.
Article Details
References
Kopma Unnes. 2014. Laporan Akhir Tahun Kopma Unnes Tutup Buku Tahun 2014. Semarang: Kopma Unnes.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Nuritha, Irfrina., Saiful B, dan Windi E. 2013. “Identifikasi Pengaruh Lokasi usaha terhadap Tingkat Keberhasilan Usaha Minimarket Waralaba di Kabupaten Jember dengan Sistem Informasi Geografisâ€. Dalam Jurnal Sainstek UNEJ, Volume I No. 1. Hal 825-835. Jember: Universitas Jember.
Sitio, Arifin dan Halomoan Tamba. 2001. Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.
Sudarsono dan Edilius. 2005. Koperasi dalam Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
------------------------------- 2007. Manajemen Koperasi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Utami, Christina Whidya. 2006. Manajemen Ritel. Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.