PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT KORESPODENSI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Widya Praja Ungaran)

Main Article Content

Mia Yulistiya Ningrum
Palupiningdyah Palupiningdyah

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi dan lingkungan terhadap hasil belajar pada mata diklat korespodensi (studi kasus pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran di SMK Widya Praja Ungaran) baik secara simultan maupun parsial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui baik secara simultan maupun parsial apakah motivasi dan lingkungan terhadap hasil belajar pada mata diklat korespodensi (studi kasus pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran di SMK Widya Praja Ungaran). Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X AP sebanyak 88 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu motivasi, dan lingkungan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil dari analisis regresi berganda dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut Y= -13.716 + 0.896X1 + 0.347X2 + e. Ada pengaruh secara simultan sebesar 83,5%, sedangkan pengaruh secara parsial motivasi sebesar 37,94% dan lingkungaan sebesar 14,97%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh motivasi dan lingkungan terhadap hasil belajar pada mata diklat korespodensi kelas X AP di SMK Widya Praja Ungaran baik secara simultan maupun parsial.

Problems examined in this study is there any influence of the environment on motivation and learning outcomes in correspondence training eye (A Case Study of Class X Office Administration Program at SMK Widya Praja Ungaran) either simultaneously or partially. The purpose of this study is to determine either simultaneously or partially in motivation and environment toward learning outcome in correspondence subject (A Case Study of Class X Office Administration Program at SMK Widya Praja Ungaran). Population studied in this research is class X AP as many as 88 students. Variables that were examined in this study is motivation, and environment. Data collection is done by means of a questionnaire or questionnaires, and documentation. Data were analyzed using descriptive analysis and multiple regression analysis. Results of multiple regression analysis in this study is as follows Y = -13 716 + 0.896X1 + 0.347X2 + e. There is a simultaneous effect of 83.5%, while the partial effect of motivated by 37.94% and amounted to 14.97% environment. The conclusion of this research there is motivation and environmental influences on learning outcomes in correspondence training class X at SMK Widya Praja AP in Ungaran either simultaneously or partially.

Article Details

How to Cite
Ningrum, M., & Palupiningdyah, P. (2015). PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT KORESPODENSI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Widya Praja Ungaran). Economic Education Analysis Journal, 4(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/8548
Section
Articles

References

Andartari, dkk. 2013. Pengaruh Kemampuan Intelektual (IQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaaran Akuntansi Pada SMA Labschool Rawamangun. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, Volume. 1. No. 1. Universitas Negeri Jakarta.

Anni, Chatarina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belaja. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aritonang, T Keke. 2007. Minat dan Motivai dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdaasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mappeasse, M. Yusuf. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, Volume 1, No. 2. Universitas Negeri Malang.

Nasution, S. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Odera, Florence. 2011. Motivation: The Most Ignored Factor in SClassroom Instruction in Kenyan Secondary Schools. Journal. Kenya: Maseno University College.

Rifa’I, Ahmad dan Anni, Catharina T. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang : Pusat Pengembangan MKU-MKDK UNNES.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Sardiman, A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendekatan. Bandung : Rosdakarya.

Tella, Adedeji. 2007. The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Sciense& Technology Education, Vol. 3 No. 2 149-159.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003tentang Tujuan Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3. (diunduh pada tanggal 4 Mei 2015