PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN MAPEL ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN DI SMK N 1 SLAWI
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran yang berjumlah 126 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 95 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu keterampilan mengajar guru, lingkungan sekolah dan minat belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari analisis regresi linier berganda pada penelitian ini menunjukkan bahwa Y = 2,574 + 0,333X1 + 0,513 + e. Ada pengaruh secara simultan sebesar 37,1%, serta pengaruh secara parsial keterampilan mengajar guru sebesar 27,2% dan lingkungan sekolah sebesar 5,5%.
This purpose of this study was to determine whether there is influence teacher’s teaching skill and school environment to student interest simultaneously or partially. The population in this research is student of office administration in SMK N 1 Slawi. The variables in this research are teacher’s teaching skill, school environment, and interest students. The data was collected using questioner and documentations. The data analysis technique used in this research was descriptive analysis and multiple regression analysis. The result of the multiple regression analysis is Y = 2,574 + 0,333 + 0,513 + e. There is a simultaneous influence as much as 37,1% along with partially the influences of teacher’s teaching skill as much as 27,2% and school environment as much as 5,5%.
Article Details
References
Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Ferdinand, Augusty. 2011. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: UNDIP
Feriady, Muhammad dkk. 2012. â€Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Minat Belajar IPS Kelas VIII SMP N 3 Purbalinggaâ€. Economic Education Analysis Journal ISSN 2252-6544.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: UNDIP.
Hasibuan dan Moedjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lee, Yu je, Chia Hui Chao, and Ching Yaw Chen. 2011. “The Influences of Interest In Learning & Learning Hours Outcomes of Vocational College Student In Taiwan: Using a Teacher’s Instructional Attitude as The Moderatorâ€.Global Journal of Engineering Education Vol 13 No.3 Hal 140-153. Taiwan: WIETE.
Muhidin, Sambas Ali dan Maman Abdurrahman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Mulyana, Aina dkk. 2012. “Hubungan Antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKnâ€. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 19 No.2 Hal 315-329.
Rachmawati, Tutik dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata , Nana Syaodih. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Usman, Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wartini, dkk. 2011. Panduan Praktikum Aplikasi Komputer. Semarang: UNNES.