PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, COMPUTER ATTITUDE DAN FASILITAS LABORATORIUM AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB

Main Article Content

Merdiana Era Safitri
Rediana Setiyani

Abstract

Komputer Akuntansi MYOB merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan siswa di SMK yang mengambil  akuntansi sebagai bekal keterampilan. Hasil nilai UAS semester ganjil Komputer Akuntansi MYOB 56,23% siswa belum tuntas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh motivasi belajar, computer attitude dan fasilitas laboratorium akuntansi terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi MYOB. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI Batang tahun ajaran 2014/2015sebanyak 113 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkanbahwa ada pengaruh secara simultan maupun parsial motivasi belajar, computer attitude dan fasilitas laboratorium akuntansi terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi MYOB. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalahsiswa diharapkan lebih meningkatkan keyakinan percaya diri atas kemampuan yang dimilikinya sehingga tidak mudah terpengaruhi teman lainnya. Guru lebih sering memberikan masukan kepada siswa bagaimana pentingnya komputer khususnya Komputer Akuntansi MYOB.Bagi sekolah agar lebih meningkatkan fasilitas laboratorium akuntansi.

MYOB accounting computer is essential for the sustainability of the students who take the vocational competence accounting expertise as a preparation skills. The results of the UAS MYOB Accounting Computers 56.23% of students have not been completed. So that the problem in this study is whether there is to determine whether there is the influence of learning motivation, computer attitude and accounting laboratory facilities for MYOB accounting computer learning achievement.Population and sample in this study is a class XI Accounting of State Vocational High School PGRI Batang in academic year 2014/2015rod as much as 113 students. Methods of data collection using documentation and questionnaire. While the method of data analysis usesdescriptive statistics and multiple regression analysis. The results showed there is influence of learning motivation, computerattitude and accounting laboratory facilities towards learning achievement MYOB accounting computer.The advice given in this study is expected to further enhance student confiderence on its ability that isn’t easily affected more friends. Teachers often give advice to students how important computers especially MYOB accounting computer. Further to the school in order to further improve laboratory facilities specifically studied accounting.

Article Details

How to Cite
Safitri, M., & Setiyani, R. (1). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, COMPUTER ATTITUDE DAN FASILITAS LABORATORIUM AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/9984
Section
Articles

References

Achmadi. 2009. “Program M.Y.O.B dalam Pembelajaran Akuntansi”. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/293. Dalam Jurnal Cakrawala. Vol. 7 No 1). Universitas Tanjungpura Pontianak. (diakses 6 Januari 2015).
Al-Khadash, H.A and Sulieman Al-Beshtawi. 2009. “Attitude Toward Learning Accounting by Computers: The Impact on Perceived Skills”. Dalam Journal of Accounting and Taxation, Vol.1 (1), pp. 001-007, April, 2009. Jordan: Al-Mafraq University.
Bakar, Ramly. 2014. “The Effect Of Learning Motivation On Student’s Productive Competencies In Vocational High School, West Sumatra”. Dalam International Journal of Asian Social Science, Volume 4 No.6. Hal 722-732 Sumatra Barat: State University of Padang.
Blignaut, Pieter et.al. 2005. “Computer Attitude and Anxiety”. Article Human Aspects of Technology. South Africa: University of the Free.
Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Harrison, A.W. dan Rainer, K.R. 1992. “The Influence of Individual Differences on Skill in End-User Computing”. Dalam Journal of Management Information System, Vol. 9 No.1. Summer Hal. 93-111.
Inayah, Ridaul, Trisno Martono dan Hery Sawiji. 2013. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012”. Dalam Jurnal Pendidikan Insan Mandiri Vol 1 No. 1. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Isnawati dan Setyorini. 2012. “Pengaruh Perhatian Orangtua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012”. Dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. X No. 1 2012 Universitas Negeri Yogyakarta.
Kumara, I Komang Arya dkk. 2014. “Pengaruh Computer Anxiety dan Computer Attitude terhadap Karyawan Bagian Akuntansi yang Menggunakan Komputer”. Dalam e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 2 No.1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kuntardi, Dhandung Budi. 2004. “Pengaruh Computer Attitude terhadap Keahlian Akuntan Pendidik dalam Menggunakan Komputer”. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Mariyana, dkk. 2013. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: KENCANA Predana Media Group.
Owoeye, Joseph Sunday. 2011. “School Facilities and Academic Achievement of Secondary School Agricultural Science in Ekiti State, Nigeria”. Asian Social Science Vol. 7, No. 7. Uganda: Kampala International University.
Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT Unnes.
Roussos, Petros. 2007.”The Greek Computer Attitudes Scale: Construction and Assessment of Psychometric Properties”. Dalam Computer In Human Behavior 23. Hal. 578-590. Greece: University of the Aegean.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subowo, dan Dwi Budi Utomo. 2009. “Pengaruh Fasilitas Laboratorium dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi”. Dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vo.4 No.1 Februari Hal. 33-50. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sudjana, Nana.2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Grasindo.
Wulandari, Novi dan Suci Rohayati. 2015. “Pengaruh Computer Knowledge, Computer Attitude, dan Fasilitas Laboratorium Komputer terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol.3 No.2. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Yudha, Cokorda Krisna dan I Wayan Ramantha. 2014. “Pengaruh Computer Anxiety dan Computer Attitude pada Keahlian Pengguna dalam Menggunakan Komputer”. Dalam E-Journal Akuntansi 9.3 Hal. 644-647. Bali: Universitas Udayana.