EFEKTIVITAS METODE PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI JURNAL PENYESUAIAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode problem posing berbantuan media prezi dapat meningkatkan hasil belajar dan lebih efektif dibandingkan metode ceramah pada materi jurnal penyesuaian. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan pola nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Padamara Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian dipilih secara cluster random sampling yang kemudian diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi, tes, observasi. Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-test dan H2 menggunakan uji independent sample t-test. Hasil uji  menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah adanya perlakuan. Kemudian dari hasil uji  menunjukkan bahwa metode problem posing berbantuan media prezi lebih efektif dibandingkan metode ceramah. Oleh karena itu, guru disarankan unuk menggunakan metode problem posing berbantuan media prezi pada materi jurnal penyesuaian atau pada materi lain. Pihak sekolah juga disarankan untuk mengadakan pelatihan bagi guru mengenai penggunaan media prezi..
The purposes of this study were to find out whether implementing problem posing method by using prezi media could improve learning achievement and to find out whether implementing problem posing method by using prezi media was more effective than by using lecture method in adjusting journal subject. This study conducted a quasi-experimental design (nonequivalent control group design). The population of the study was all students of XI IPS in SMA N 1 Padamara, the regency of Purbalingga, in the academic year of 2014/2015. The sample of this study was selected by using cluster random sampling. Students of class XI IPS 3 were chosen as the experimental group and students of class XI IPS 4 were chosen as the control group. The methods of collecting data were taking documentation, conducting tests, and doing an observation. H1 test was proved by applying paired sample t-test calculation and H2 test was proved by applying independent sample t-test calculation. The result of H1 was accepted. It indicated that there was improvement of learning achievement after the students got treatment. From the independent sample t-test, H2 was accepted. It showed that teaching adjusting journal subject by implementing problem posing method by using prezi media was more effective than by implementing lecture method. Therefore, the writer suggests that teachers should apply problem posing method by using prezi media for teaching adjusting journal subject or other subjects. The writer also suggest that school should do training for the teachers about the use of prezi media.
Article Details
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Akuntansi SMA & MA. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hariyanti, Ida., Haryono, dan J.S. Sukardjo. 2013. Penerapan Pembelajaran Model Problem Posing Dilengkapi Macromedia Flash untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI IPA SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 2. No. 3. Hal. 85-91.
Kadir. 2011. Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Prestasi Belajar Matematika Jenjang Pengetahuan, Aplikasi & Evaluasi Ditinjau dari Metakognisi Siswa SMU di DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan & Kebudayaan. Vol. 17. No. 2. Hal. 203-214.
Mahmud, Amir. 2008. Penerapan Metode Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Penyusunan Laporan Keuangan pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 3. No. 2. Hal. 197-218.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Group).
Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&ved=0CDFiAD&url=http%3A%2F%2Fsipuu.setkab.go.id%2FPUUdoc%2F173768%2FPP0322013.pdf&ei=JMaIVbSlIIagugSB04PIAw&usg=AFQjCNHPsU0Py4h3MQ_C347Bx7TegppaiQ&bvm=bv.96339352,d.c2E (23 Juni.2015)
Reeve, dkk. 2011. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.
Santoso, Jarot Tri Bowo. 2013. Strategi Pembelajaran Akuntansi. Semarang: Yayasan Studi Bahasa Jawa (YSBJ) “KANTHILâ€
Sari, Indah Intan Kartika. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran STAD-Problem Posing Berbantuan Media Acceleration Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyususn Laporan Keuangan Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI Batang Tahun Pelajaran 2013/2014.Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Suharjanto, Ari., Hery Sawiji, dan Tutik Susilowati. 2013. Penerapan Media Pembelajaran dengan Penggunaan Software Prezi dalam upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Diklat Komunikasi.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Surachman, Arif. 2014. Menghadirkan Presentasi Animatif dengan Prezi.
http://www.academia.edu/7858489/Menghadirkan_Presentasi_Animatif_dengan_Prezi. (4 September.2015)
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2009. Yogyakarta: Diperbanyak oleh Pustaka Pelajar.
Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Virgiana, Safrin Azura. 2013. Pemanfaatan Media Presentasi Prezi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Batu. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.