PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), PRESTASI AKADEMIK MATA DIKLAT PRODUKTIF AKUNTANSI, DAN PEMANFAATAN BANK MINI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI

Main Article Content

Heny Triwahyuni
Rediana Setiyani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh praktik kerja industri (prakerin), prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi, dan pemanfaatan bank mini terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian akuntansi kelas XII SMK Yos Sudarso Rembang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Yos Sudarso Rembang Tahun Ajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini seluruh populasi sebanyak 40 siswa digunakan sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket dan dokumentasi. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kesiapan kerja siswa dalam kategori cukup siap, praktik kerja industri (prakerin) dalam kategori cukup baik, prestasi akademik mata diklat akuntansi dalam kategori baik, dan pemanfaatan bank mini dalam kategori baik. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh praktik kerja industri (prakerin), prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi, dan pemanfaatan bank mini terhadap kesiapan kerja siswa SMK Yos Sudarso Rembang sebesar 72,5%. Pada praktik kerja industri (prakerin) berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 55,8%. Prestasi akademik mata diklat akuntansi berpengaruh terhadap kesiapan kerja sebesar 15,3%. Sedangkan pemanfaatan bank mini terhadap kesiapan kerja sebesar 20%. Disimpulkan bahwa praktik kerja industri (prakerin), prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi, dan pemanfaatan bank mini berpengaruh simultan maupun parsial terhadap kesiapan kerja siswa SMK Yos Sudarso Rembang. Saran yang diberikan agar guru memaksimalkan kegiatan pra prakerin agar siswa mempunyai bekal yang cukup saat prakerin. Siswa harus meningkatkan penguasaan materi terutama mata diklat produktif akuntansi. Selain itu, siswa juga harus meningkatkan keterampilan dalam mengelola bank mini.

The purpose of this study is to know whether there in influence of on the job training (prakerin), academic achievement of accounting productive subject,and utilization of mini bank toward student’s working readiness skills competencies of accounting of the twelfh graders at state vocational high school Yos Sudarso Rembang. The population in this study were students twelfth graders competencies accounting expertise at SMK Yos Sudarso Rembang in the academic year 2015/2016. In this study the entire population of 40 students used as samples. This research uses questionnaire and documentation to collect the data. The data of variable were descriptively analyzed and multiple regression analyzed. The result of descriptive analysis shows that working readiness of students is quite ready, on the job training (prakerin) is quite good, academic achievement of accounting productive subject is good, and utilization of mini bank is good. The result based on statistical analysis shows that the are some influence of on the job training (prakerin), academic achievement of accounting productive subject, and utilization mini bank toward Vocational High School Yos Sudarso Rembang 72,5%. Influences of on the job training toward the student’s working readiness 55,8%. Influences of academic achievement of accounting productive subject toward the student’s working readiness 15,3%. Influences of utilization of mini bank toward the student’s working readiness 20%.

 

Article Details

How to Cite
Triwahyuni, H., & Setiyani, R. (1). PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), PRESTASI AKADEMIK MATA DIKLAT PRODUKTIF AKUNTANSI, DAN PEMANFAATAN BANK MINI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/9986
Section
Articles

References

Apriyani, Jane. 2014. 7,24 Juta Orang Indonesia adalah Pengangguran. www.kontanonline.com. (diunduh 17 Januari 2015)
Anwar. 2004. Pendidikan Kecakapan Hidup. Bandung: CV Alfabeta
Badan Pusat Statistik. 2014. Keadaan Ketenagakerjaan Februari 2014. www.ntp.bps.go.id . (diunduh 17 Januari 2015)
Cabellero, Catherine Lissette and Walker, Arlenen. 2010. “Work Readiness in Graduate Recruitment and Selection : A Review of Current Assessment Methods”. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, Vol 1 No 1 PP 13-25
Firdaus, Zamzam Zamawi. 2012. “Pengaruh Unit Produksi, Prakerin, dan Dukungan Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.2 No.3
Kardiyem. 2010. “Pengaruh Praktik Kerja
Industri (Prakerin), Prestasi Akademik
Mata Diklat Akuntansi, dan Minat Kerja
terhadap Kesiapan Kerja Siswa
Kompetensi Keahlian Akuntansi Kelas
XII SMK Negeri 1 Purwodadi Tahun
Ajaran 2008/2009”. Skripsi. Semarang:
FE Unnes
Laguador, Jake M. 2013. “Engineering Students’ Academic and on-the-Job Training Performance Appraisal Analysis”.International Journal of e-Education, e-Business, e-Management and e-Learning Vol.3 No.4
Mandiriyanto. 2009. “Pengaruh Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja pada Siswa Kelas XII SMK N 2 Tegal”. Skripsi. Semarang: FE Unnes
Martawijaya, Dadang Hidayat. 2012. “Developing Teaching Facatory Learning Model to Improve Production Competencies among Mechanical Engineering Students in a Vocational Senior High School”. Journal of Technical Education and Teaching Vol. 4 No.2
Mu’ayati, Rofi’ul. 2014. “Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Penguasaan Mata Diklat Produktif Akuntansi dan Minat Kerja Siswa terhadap Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi di SMK N 1 Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014”. Economic Educational Analysis Journal Vol 3 (2). UNNES
Muktiani, Eka Evi. 2014. “Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Prestasi Akademik Mata Diklat Produktif Akuntansi terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Nasional Pati Tahun Pelajaran 2012/2013”. Economic Educational Analysis Journal Vol 3(1). UNNES
Noviana. 2014. “Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Akuntansi, Program Praktik Kerja Industri dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Kendal Tahun Ajaran 2013/2014”. Economic Education Analysis Journal Vol. 3 (1). UNNES
Saroni, Mohammad. 2012. Mendidik & Melatih Entrepreneur Muda. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo