PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), MINAT MENJADI GURU, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU YANG PROFESIONAL

Main Article Content

Aditya Yulianto
Muhammad Khafid

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh praktik pengalaman lapangan, minat menjadi guru, dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru yang profesional. Populasi penelitian adalah mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun angkatan 2011 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sebanyak 174 mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 122 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase, statistik inferensial, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan praktik pengalaman lapangan, minat menjadi guru, dan prestasi belajar berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap kesiapan menjadi guru yang profesional. Hasil adjusted R^2 menunjukan adanya hubungan antara praktik pengalaman lapangan, minat menjadi guru, dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang profesional sebesar 0.574 atau 57,4%. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah hendaknya mahasiswa memperbanyak referensi tentang akuntansi, mengikuti berbagai forum diskusi akuntansi guna meningkatkan wawasan mengenai bidang studi akuntansinya; mahasiswa diharapkan meningkatkan minat untuk menjadi guru yang tinggi dengan mengenal lebih jauh tentang profesi guru, mencari tahu kabar dan informasi mengenai profesi keguruan, memanfatkan kegiatan praktik pengalaman lapangan dengan sungguh-sungguh yang dapat menunjang kesiapannya untuk menjadi guru.

The purpose of that study was to determine the influence of practice field experience, interest becoming a teacher and learning achievement againts the readiness of the students to become a professional teacher. Population in this research are students of accounting education class of Faculty of Economic semarang state university as many as 174 students. Sample used in this study were 122 students. The method are used to collect data is quetionnaire and documentation. Data analysis method used is the percentage descriptive analysis, inferential statistics, and multiple linier regression analysis. Based on the results of research it can conclude that practical field experience, interest becoming a teacher, and learning achievement influence the readiness to becoming a professional teacher on partial analysis and simultaneous analysis. The results of adjusted R^2 showed the presence of the relationship between practice field experience , interest as teacher ,and learning achievements against the readiness of kids to be professional teachers or as much as 57.4 %. It suggested suggestions relating to research is should be more about students reference accounting, participate in various the discussion accounting held in formal and informal perspectives on to make the field of accounting study; students are expected to increase desire to get teachers high with know more about the teaching profession, find out news and information on the profession teaching through the print media and the internet also take the practice field experience seriously that are amenable to ready to become a teacher.

Article Details

How to Cite
Yulianto, A., & Khafid, M. (1). PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), MINAT MENJADI GURU, DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU YANG PROFESIONAL. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/9989
Section
Articles

References

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://www.komnasham.go.id/instrumen-ham-nasional/uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional. (diunduh 20 Februari 2015).

2005. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf.(diunduh 20 Februari 2015).

Asih, Dwi Yuni. 2007. Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga, dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2003FISE UNY”. Jurnal Skripsi. Yogkyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 126

Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ni’mah, Fahmi Ulin. 2014. Pengaruh Minat Profesi Guru, Locus of Control Internal, Peran Guru pamong, dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Ningsih, Widya Astuti. 2014. Hubungan Minat menjadi Guru, Pengalaman PPL dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan IPS Angkatan 2010 FIS UNY. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Novitasari, Fitria. 2013. Pengaruh Progam Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Prodi Ekonomi FKIP UNS Menjadi Tenaga Pendidik.

Pedoman PPL Universitas Negeri Semarang. 2013. Semarang: UNNES PRESS

Praditaliana, Fieka. 2012. Pengaruh Motivasi dan Persepsi Tentang Sikap Guru Pembimbing PPL Terhadap Kesiapan Menjadi Guru yang Profesional. Jurnal Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tulus, Tu’u. 2004. Peran dan Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Wasty, Soemanto. 2006. Psikologi Pendidikan(Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarata: Rineka Cipta