EFEKTIVITAS METODE DRILL BERBANTUAN “SMART PROBLEM ACCOUNTING MODULE” TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA

Main Article Content

Azizatul Fikriyah
Agung Yulianto

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: penerapan Metode Drill (latihan) berbantuan “Smart Problem Accounting Module†dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi dan hasil belajar akuntansi lebih tinggi dibandingkan menggunakan metode ceramah.Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan pola pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di MAN Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian dipilih secara random yang kemudian diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, tes, observasi. Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-test dan H2 menggunakan uji independent sample t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan Metode Drill (latihan) berbantuan “Smart Problem Accounting Moduleâ€Â  dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 56,64 dan post-test sebesar 84,18 pada kelas eksperimen. Selain itu juga menunjukkan adanya perbedaan hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 84,18 lebih tinggi dibandingkan post-test kelas kontrol sebesar 80,52.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Metode Drill (latihan) berbantuan “Smart Problem Accounting Module†dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi jurnal penyesuaian. Kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan metode Metode Drill (latihan) berbantuan “Smart Problem Accounting Module†memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan ceramah. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menggunakan metode Metode Drill (latihan) berbantuan “Smart Problem Accounting Module†dalam pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami materi jurnal penyesuaian.

The purpose of this study was to determine whether the application drill method (training) with Smart Problem Accounting Module could improve students’ accounting learning outcomes better than using the lecturing method. This was a quasi-experimental study with pretest-posttest group design. The population of this study was all students of class XI IPS MAN Suruh Semarang District in the academic year of 2014/2015. The sample was selected randomly and then class XI IPS 3 was chosen as the experimental class while class XI IPS 1 as the control class. The methods of collecting the data were documentation, testing, and observation. Testing H1 used paired samples t-test and H2 used independent sample t-test.

The results showed that there was an improvement in the learning outcomes after the treatment using the drill method (training) with Smart Problem Accounting Module were given. It can be seen from the pre-test average score that was 56.64 and the post-test that was 84.18 in the experimental class. Moreover, the post-test average score in the experimental class which was 84.18 was higher than the post-test average score in the control class which was 80.52. Based on the results of this study, we can be concluded that the drill method (training) with Smart Problem Accounting Module can improve students’ learning outcomes on the subject matter of Journal of Adjustment. The experimental class which got the treatment using the drill method (training) with Smart Problem Accounting Module acquired better learning outcomes than the control class which used the lecturing method. Therefore, the teachers should use the drill method (training) with Smart Problem Accounting Module in learning to facilitate the students in understanding the subject matter of Journal of Adjustment.

 

Article Details

How to Cite
Fikriyah, A., & Yulianto, A. (1). EFEKTIVITAS METODE DRILL BERBANTUAN “SMART PROBLEM ACCOUNTING MODULE” TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/9992
Section
Articles

References

Aditya, Handayani Meta.2014. “Efektivitas Metode Drill Berbantuan Modul Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan hasil Belajar Siswa Materi Jurnal Khusus Perusahaan dagang Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 10 Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014”.Skripsi.Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto,Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi).Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Eriska, Mega. 2013. Efektivitas Metode Drill Berbantuan Smart Mathematics Module terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI.Skripsi.Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Fahrul, Zanu. 2010. Penerapan metode kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran akuntansi Pokok bahasan Jurnal Penyesuaian di SMK N 1 Kudus. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi UNNES

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Handayani, Sri. 2012. ”Efektifitas Metode Pembelajaran Latihan (Drill) dengan Sistem Penilaian Portofolio Pada Hasil Belajar Mengelola Sistem Kearsipan Kelas XI Administrasi Perkantoran kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Salatiga” Dalam Journal of Economic Education Analysis Journal. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Himawati, Hanif.2014.”Peningkatan Hasil belajar Siswa kelas X A pada Kompetensi Dasar Jurnal Umum Perusahaan Jasa Melalui Metode Pembelajaran Kumon Berbantuan Modul “General Journal Training Module” di SMK NU Wahid Hasyim Talang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2013/2014” Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Johnston. 2000. The effect on learning outcomes of using online learning modules in a principles of macroeconomics subject. http://fbe.unimelb.edu.au/__data/assets/pdf_file/0018/634311/MAX_Paper.pdf (8 Januari 2015)

Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Nurwachid.2014.”Keefektifan Penggunaan Metode Mind Mapping berbantuan Modul dan Power Point pada Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Ungaran Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Rifa’i, Ahmad, Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Pres.

Ritongga, M.T. 2007. Ekonomi untuk SMA Kelas XI. Jakarta :PT. Phibeta Aneka Gama

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Pummawan, Archaree. 2007. The Development Of An E-Learning Module On The Sandy Shores Ecosystem For Grade-8 Secondary Students. Volume 1, No 1 Januari-Desember 2007.http://www.edu.buu.ac.th/journal/journalinter/p95.pdf (7 Januari 2015)

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:Kencana.

Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Radar Jaya Offset.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar mengajar. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suparno, P. 1997. Filsafat konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Susilowati, Erny dkk. 2013 .”Penggunaan Metode Pembelajaran Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi”. Dalam Jupe UNSVolume 1, No.3. Hal 1 s/d 10. Surakarta:FKIP Universitas Sebelas Maret.

Wahyudin, Agus, dan Muhammad Khafid. 2007. Akuntansi Dasar. Semarang: Fakultas Ekonomi UNNES
.
Wena, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumu Aksara.

Widhiantari, Rahma. 2012.“Efektivitas Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Berbantuan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Uang dan Perbankan SMAN 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang”.Dalam Journal of Economic Education Analysis Journal. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Winggani, Okta ninda & Sukanti. 2013. “Efektivitas Implementasi Modul Belajar Akuntansi Pada Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMKN 1 Yogyakarta”.Dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Volume.XI, No.1.Halaman 50-66.

Woodward, John. 2006. Developing Automaticity in Multiplication Facts: Integrating Strategy Instruction with Timed Practice Drill. Volume 29Fall 2006.http://www2.ups.edu/faculty/woodward/LDQfall06.pdf (9 Januari 2015)