KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS AKSELERASI (PENELITIAN DI SMAN 1 DAN SMAN 3 SEMARANG )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan sosial siswa akselerasi di SMA Negeri 1 Semarang dan SMA Negeri 3 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi se-luruh siswa kelas akselerasi SMA N 3 Semarang dan SMA Negeri 1 Semarang angkatan tahun ajaran 2010/ 2011. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 siswa menggunakan studi populasi dan analisis data menggunakan deskriptif persentase. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala psikologi yaitu skala kecerdasan sosial. Pengujian validitas dilakukan dengan meng-gunakan koefisien korelasi product moment dari Pearson yang pelaksanaannya menggunakan fasilitas komputer program SPSS for Windows versi 17. Uji relia-bilitas dalam penelitian ini menggunakan pendekatan satu kali pengukuran (Sin-gle Trial Administration) dengan menggunakan rumus koefesien Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kecerdasan sosial pada siswa akselerasi berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 43,59 % atau 17 dari 39 responden. Hasil analisis tiap indikator variabel kecerdasan sosial menunjukkan bahwa hampir semua responden memiliki intensitas kecerdasan sosial dalam kat-egori sedang. Dilihat dari indikator-indikatornya yaitu: social sensitivity (35, 91 %), social insight (38,5 %), social communication (48,72 %) kesemuanya berada dalam kategori sedang
This study aims to describe the accelerated students’ social intelligence in SMA 1 SMA Negeri 3 Semarang and Semarang. The research method used in this research is quantitative descrip-tive with the entire student population of accelerated classes SMA N SMA Negeri 3 Semarang and Semarang force 1 academic year 2010/2011. The sample in this study were 39 students using the study population and data analysis using descriptive percentages. Data collection methods in this study is to use a scale of social psychology, namely the scale of intelligence. Validity testing is done by using a product moment correlation coefficient of Pearson who implementation using computer facilities program SPSS for Windows version 17. Reliability test in this study using a single measurement approach (Single Trial Administration) by using the Cronbach alpha coefficient formula.The results showed that the overall acceleration of social intelligence in students in the category of being is as much as 43.59% or 17 of the 39 respondents. The analysis of each indicator variable of social intelligence indicates that almost all respondents have the intensity of social intelligence in the medium category. Judging from the indicators, namely: social sensitivity (35, 91%), social insight (38.5%), social communica-tion (48.72%) are in a category all of which are